Krisis Kejujuran & Kondisi Batin Guru

oleh : Saefullah Azhari.

Bulan syawwal tahun 2014 ketika tahun ajaran baru, kami mengantar saudara kami mendaftarkan ujian untuk menjadi santri di lembaga pendidikan pesantren Gontor, semua santri lama dan semua capel (calon pelajar) berkumpul di depan aula BPPM mendengarkan tausiah dari pimpinan PMDG KH. Hasan. A. Sahal :
“Sekarang ini ada budaya palsu di Indonesia. Pendidikan palsu. Jual beli nilai, soal bocor, sogok menyogok untuk bisa jadi kepala sekolah, sogok menyogok masuk sekolah”
Alhamdulillah Gontor masih bisa menjaga harga diri pendidikan. Murni jauh dari pendidikan palsu ”
Kami duduk di tangga Masjid sambil begetar hati ini mendengarkan pidato beliau yang memang sesuai fakta di Indonesia.
Apa julukan yang pantas bagi bangsa ini? Jika guru didzolimi ? Kasus komunitas Guru atas jasanya membongkar kebocoran ujian nasional 2007. Bukannya ucapan terima kasih tapi 18 pengawas Guru disuruh mengundurkan diri.
Rupanya dalih peningkatan mutu pendidikan dengan cara standarisasi U N memaksa semua pihak menghalalkan segala cara.
Ketidakberdayaan Guru,
Guru guru sekarang menjerit menangis hati nuraninya karena mengajar bukan menuruti hatinya tapi menuruti SISTEM carut marut pendidikan.
Semua siswa harus naik kelas walaupun akhlaq nya jelek, gak pernah masuk kelas dan kena narkoba. GURU LEMAH DI MATA SISWA DAN TIDAK PUNYA WIBAWA.
Kasus meninggalnya guru dipukuli siswanya di sampang Madura itu bukti lemahnya guru di mata siswa.
Pemberhentian beberapa guru dalam membongkar kecurangan ujian nasional tidak perlu terulang kembali. Sudah saatnya bangsa ini menempatkan guru pada posisi terhormat lantaran budi baiknya dan jasanya bagi anak dan bangsa.
Allah akbar… Bersyukurlah kami dan semua para wali santri yang anaknya mondok di Kampung damai Darussalam Gontor diajar oleh Guru guru dengan jiwa ruh keikhlasan dan keteladanan dari Kyai.
Segelintir ilmu sederhana semoga manfaat aja.
Bagaimana, nasib anak anak bangsa ini di musim pandemi CAVID 19 CORONA ini ?
12 bulan (Maret 2020-februari 2021), anak anak kita tidak masuk sekolah ?
Tantangan terberat untuk Guru, wali murid menghadapi generasi bangsa yang tidak sekolah….?
Wallahu alam Bissowab
Sidoarjo, 8/02/2021
# Dosen FTK UINSA, pembaca setia menara Madinah com#