Menelusuri Jejak Pangeran Pesayangan

Masyarakat Cirebon mungkin tidak asing mendengar Pesayangan, saat mendengar nama Pesayangan kita pasti tertuju kepada kampung Pesayangan yang terletak di Jl.Karanggetas Kel. Panjunan, namun masih sedikit yang paham ternyata ada juga kampung dengan nama yang sama, tepatnya di Desa Banjarwangunan Kec.Mundu ada juga Blok kampung yang bernama Pesayangan, ( tidak jauh dari situs makam Ki Lobama ) dan di situlah terletak komplek Situs Makam Pangeran Pesayangan berada.

BerikutĀ  iniĀ  kisah sejarahnya.

Siapakah Pangeran Pesayangan dan apa hubungan dengan kampung Pesayangan yang berada di Jl. Karanggetas, dalam keterangan yang didapat bahwa Pangeran Pesayangan salah seorang Ulama besar dalam mensyiarkan Agama Islam, konon beliau sejaman dengan Pangeran Panjunan dan Pangeran Kejaksan yang berasal dari Baghdad, kalau keterangan Sesepuh disini bahwa dulu setiap tahunnya ada acara ngunjung yang berasal dari Pesayangan yang berada di kota ( Kel. Panjunan ) ada juga perorangan yang rutin berjiarah, namun sudah lama bahkan beberapa tahun kesini tidak ada lagi. Ujar Selamet ( Pengurus Situs Makam)

Dalam keterangan lain bahwa di Kampung Pesayangan yang berada di Jl.Karanggetas Kel. Panjunan ada sebuah masjid konon peninggalan dari Pangeran Pesayangan, namun sayang sekali masjid tersebut sudah dilakukan renovasi total dan berubah bentuk yang sebelumnya Masjid Pesayangan tersebut sama bentuknya seperti Masjid Pangeran Panjunan dan Masjid Pangeran Kejaksan.
Ujar Yusuf
( Imam Masjid Pesayangan )

Sekitar tahun 1970 masjid tersebut dilakukan renovasi bahkan didepan area masjid saat itu ada beberapa makam, dan makam tersebut di pindahkan di komplek makam Pangeran Pekarungan pada saat ada pelebaran Jl. Karanggetas, namun sayang generasi kita sekarang sudah mati obor alias tidak kenal sejarahnya, pernah suatu saat pengurus Masjid Baiturrohim ( nama masjid sekarang ) melakukan perbaikan sumur bor ternyata saat digali ditemukan batu bata yang ukurannya sama seperti ukuran batu bata yang berada di Makam Pangeran Pesayangan maupun Makam Keramat lainnya.

Dari kisah sementara diatas hubungan antara Kampung Pesayangan Kel. Panjunan dengan Blok Pesayangan yang terletak di Kec. Mundu memang ada dari jejak perjalanan Pangeran Pesayangan, walaupun riwayat sejarahnya masih terus ditelusuri dan kita akan serahkan kepada tim Cagar Budaya dengan mencari naskah yang ada di Keraton. ISN