SMK NEGERI WONGSOREJO, SEKOLAH DENGAN KETAHANAN PANGAN

Banyuwangi-menaramadinah.comSMK Negeri Wongsorejo adalah salah satu Sekolah Menengah Kejuruan Negeri yang terletak di ujung Utara Kabupaten Banyuwangi, bagian paling timur Pulau Jawa.


Selama masa pandemi covid-19, kondisi sekolah sepi karena para siswa harus belajar dari rumah untuk menjaga kesehatan dan keselamatan sesuai dengan aturan pemerintah.
Di sela-sela kegiatan pembelajaran online, di bawah kepemimpinan Bapak Tofik Santoso, S.T., M.Pd., SMK Negeri Wongsorejo menerapkan Program Sekolah dengan Ketahanan Pangan. Di atas lahan seluas kurang lebih 6ha, dilakukan berbagai macam penanaman pohon pada bagian yang belum terdapat bangunan, antara lain sayur hijau sawi, kangkung, bayam, seladeri, kacang tanah, ketela rambat, ketela pohon, pepeya, jagung manis.
Selain itu di SMK Negeri Wongsorejo telah memiliki banyak pohon selain jenis bunga, juga buah-buahan seperti manga, jambu, sawo kecik, klengkeng, markisa, nangka, srikaya, dan lain-lain.
Berbagai macam tanaman ini dapat untuk memenuhi kebutuhan warga sekolah untuk sehari-hari, dan juga bisa untuk berbagi dengan warga sekitar.
Dengan melakukan penanaman berbagai macam tumbuhan itu merupakan salah satu program dari sekolah berwawasan lingkungan, sebagai salah satu sekolah Adiwiyata di tingkat Kabupaten Banyuwangi.
“Sebagai sekolah berwawasan lingkungan, penanaman tumbuh-tumbuhan itu selain menghasilkan oksigen, dan buahnya dapat kita manfaatkan untuk kebutuhan hidup”, papar Bapak Tofik Santoso, S.T., M.Pd., Kepala SMK Negeri Wongsorejo.
Kita perlu mempromosikan pembangunan yang tidak menghancurkan lingkungan kita. Mari pelihara alam agar kita dapat memiliki masa depan yang lebih baik.
(Yanti Devi Wijaya, Guru SMKN Wongsorejo, Banyuwangi)