Di Ngembal Pasuruan di Buka SMK di Alam Bebas

Pasuruan – menaramadinah.com: Sekolah Mandiri dan Berbasis alam Itulah gambaran dari Pondok Pesantren (Ponpes) Alam Raya, Desa Ngembal, Kecamatan Tutur.
Pencetus Ponpes ini adalah Syaiful Rahman, mantan Kepala Dinas Pendidikan Jawa Timur. Ide pendirian ini mengilhami dirinya saat menjadi Kepala Dinas Jatim. Ia bercita-cita mendirikan sekolah yang berbasis Ponpes. Karena metode pembelajarannya mandiri, di alam dan beraklaqul karimah. Dan berada di lokasi yang dingin seperti yang sekolah yang ia didirikan saat ini. Lokasinya berad di pegunungan Ngembal, yang dikenal dengan hawa dingin dan penghasil durian unggul.
“Jadi sekolah ini berbasis boarding school. Jadi siswanya disiapkan asrama di dalam pondok,” ujarnya saat ditemui di lokasi Ponpesnya Rabu (10/6/2020).
Sambil melihat satu persatu lokasi Ponpes Syaiful menambahkan lagi, sekolah itu adalah SMK Alam Raya. Sekolah ini menampung anak yatim dan fakir miskin. Sehingga siswa tidak membayar biaya pendidikan dan akomodasi lainnya. Namun begitu juga ada beberapa siswa yang bayar. Sehingga ada subsidi silang antara yang bayar dan gratis.
DI SMK ini proses belajar mengajarnya lebih banyak di alam yang langsung melakukan praktek. Di sekolah ini ada jurusan peternakan yang langsung disiapkan kelas praktek dan teori di sekitar kandang sapi, kambing dan ayam. Begitu juga jurusan perkebunan, siswa melakukan pengamatan dan aplikasi langsung terhadap tanaman perkebunan yang ada di lokasi sekolah seluas 4,5 hektar.
Selain itu jurusan Pariwisata, dimana jurusan ini mengali potensi local wisdom. “Tidak ketinggalan para guru diambil dari orang – orang terbaik dari lulusan perguruan tinggi favorit di Jatim. Mereka menginap di asrama sini,” ujarnya sambil menunjukkan asrama para guru.
Di sekolah ini siswa diajari kemandirian dan kedisiplinan dalam membentuk karakter anak didiknya. Namun tidak ketinggalan adalah pemberian karakter yang berakhlak mulia menjadi hal yang utama. ” Ibaratnya siswa sini ini berotak Jerman berhati Mekkah. Begitulah gambaran yang akan diharapkan. Dan sekolah ini baru akan dimulai pada tahun ajaran 2020. Dan sudah mulai ada mendaftar,” sambungnya lagi.(aza)