Mahasiswa PAI Institut Agama Islam Pangeran Diponegoro Nganjuk(Grup6) Adakan PPL di MA Al-Karim Gondang,Ajang Pembekalan Calon Guru Profesional

Nganjuk.menaramadinah.com,Dalam rangka membekali mahasiswa dan mahasiswi agar mempunyai kesiapan dan skill mengajar yang mumpuni, Institut Agama Islam Pangeran Diponegoro Nganjuk mengadakan PPL(Program Pengalaman Lapangan ) mulai tanggal 2 September-16 oktober 2019 dilembaga pendidikan.

Meliputi RA(Raodhlatul Atfal), MI(Madrasah Ibtidaiyah),MTS(Madrasah Tsanawiyah) dan MA(Madrasah Aliyah) yang telah ditentukan oleh pihak kampus.
Kegiatan PPL tersebut berdasarkan Surat Keputusan Rektor Institut Agama Islam Pangeran Diponegoro Nomor :IAI-PD/114/AK.112/X/2015 tentang Pemberlakuan Pedoman PPL Institut Agama Islam Pangeran Diponegoro Nganjuk.


Khusus untuk mahasiswa dari Fakultas Tarbiyah Program Studi Pendidikan Agama Islam (Grup 6),mereka mendapat tempat PPL di Madrasah Aliyah Al-Karim yang berada di Desa Senggowar,Gondang,Nganjuk.
Para peserta PPL dari Program Studi Pendidikan Agama Islam harus melakukan praktik mengajar dikelas dengan materi yang telah disiapkan sebelumnya agar pelajaran yang disampaikan bisa maksimal dan dapat diterima dengan baik dan benar oleh peserta didik.
Di MA Al-Karim,mereka tidak hanya terlibat dalam kegiatan mengajar dikelas(kurikuler),tetapi juga aktif dalam mendampingi siswa-siswi dalam kegiatan ekstra-kurikuler seperti Rebana,Tata Boga,Majelis Ta’lim,Pramuka,dan lain-lain.


Mewakili rekan-rekannya dari Program Studi Pendidikan Agama Islam yang mengadakan PPL di MA Al-Karim,salah satu mahasiswi IAI Pangeran Diponegoro Nganjuk yaitu Jeni Ambarwati menyatakan merasa krasan mendapat lokasi PPL di MA Al-Karim walaupun letaknya dipedesaan .Pihak yayasan ,Kepala Sekolah,Dewan Guru dan murid-murudnya begitu akrab dan welcome.”Kami peserta PPL dari Jurusan PAI IAI Pangeran Diponegoro sudah dianggap seperti keluarga di MA Al-Karim,”ujar mahasiswi yang memiliki usaha bunga JENIFLORIST itu .
[15/9 07:41] Jarwoto: DPL(Dosen Pembimbing Lapangan)bagi mahasiswa PAI yang melakukan PPL di MA Al-Karim yakni Dr.Suhartono,M.Pd menyampaikan pada mahasiswa bahwa PPL adalah ibadah,suatu ladang beramal sholih.Para peserta PPL harus selalu melakukan evaluasi dari tiap aktivitas PPL yang telah dikerjakan agar mengetahui kekurangannya untuk selanjutnya diadakan pembenahan dan peningkatan kinerja demi hasil yang maksimal.”Hari ini harus lebih baik daripada kemarin dan besok harus lebih baik daripada hari ini,”tutur dosen yang baru menyelesaikan program S-3 jurusan Teknologi Pembelajaran dari UM,salah satu universitas di Kota Malang.
[15/9 07:41] Jarwoto: Bro J ,menaramadinah.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *