Drum Band Kegiatan Extra Kurikuler Di RA Darunnajah Sidoarjo

Surabaya Menara Madinah Com.
7 mahasiswi PIAUD FTK UINSA, mereka adalah :
1. Nur hadiniyah 06040921077
2. shalsyabila fitriani s 06040921083
3. aulia putri firanti
06040921059
4. Lailatus sakinah f. 06020921038
5. Wianda dhika puspita
06020921054
6. Rina Erfiana 06040921080
7. Aryl putri Nabila 06020921025
Ke 7 mahasiswi ini mendapat tugas Asistensi Mengajar di RA Darunnajah Sidoarjo.
Banyak kegiatan extra di R A ini, diantara nya adalah : KEGIATAN LATIHAN DRUM BAND.
Di jaman yang sudah serba canggih ini, kita tidak bisa melepaskan pengaruh gadget yang sedemikian besar. Tidak sedikit anak kecil yang sudah terpapar gadget dan sulit untuk melepaskannya.

Salah satu cara terbaik untuk membuat mereka melupakan keberadaan gadget adalah mengalihkannya pada sebuah permainan yang menarik. Anda bisa memanfaatkan kegiatan drumband yang banyak disediakan  di sekolah-sekolah.

Dengan mengikuti kegiatan drumband, anak akan terlibat dengan aktifitas fisik dan berinteraksi dengan kawan-kawannya. Anak akan lebih aktif menggunakan bagian tubuhnya serta aktif membangun komunikasi dengan rekannya. Hal ini adalah salah satu manfaat bermain alat drumband untuk mengembangkan kecerdasan anak.
Banyak manfaat kegiatan drum band ini, diantaranya

1.Ketrampilan Memainkan Alat Musik
Ini adalah kemampuan awal yang sudah pasti akan didapatkan oleh sang anak. Bagaimanapun juga, dia akan dididik untuk menguasai dan memainkan sebuah alat musik.

Banyak alat musik yang bisa dimainkan dalam sebuah kelompok drumband, seperti drum, snare drum, marching bell, pianika dan cymball. Meskipun tergolong alat musik sederhana, namun setidaknya hal ini akan melatih jiwa seni dari seorang anak.

2.Melatih Kepercayaan Diri
Manfaat bermain alat drumband selanjutnya adalah bahwa hal ini akan membantu melatih kepercayaan dirinya. Anak yang semula minder, pemalu dan penakut akan berubah menjadi anak pemberani, bisa menunjukkan dirinya dan kemampuan pribadi lainnya. Hal ini dikarenakan menjadi bagian dari sebuah drumband dituntut untuk bisa mengaktualisasikan dirinya. Anak harus mampu tampil seorang diri membunyikan alat musiknya tanpa iringan rekan lainnya.

3.Melatih Kerjasama Tim
Di sini, anak juga akan dilatih untuk bekerja sama dalam sebuah tim. Kelompok drumband tidak hanya terdiri dari satu atau dua orang saja. Kelompok ini bahkan bisa terdiri dari puluhan orang.”
Barakallah….
Catatan : Rina Erfiana, Mahasiswi PIAUD FTK UINSA