Halal bi halal mengawali kegiatan pembelajaran di SMP Negeri 3 Rogojampi.

Banyuwangi-menaramadinah.com,
Kamis, 18 April 2024 merupakan hari pertama masuk sekolah di SMP Negeri 3 Rogojampi yang bertempat di Jalan Ki Hajar Dewanyoro No 18 A Rogojampi Kabupaten Banyuwangi.

Setelah libur akhir Bulan Ramadhan dan Hari Raya Idul Fitri 1445 H/2024 M. Kegiatan pertama dimulai pukul 07.00 WIB di halaman sekolah yaitu keluarga besar SMP Negeri 3 Rogojampi mengadakan kegiatan doa pagi yang biasanya dipimpin Bapak Muslih, S.Ag selaku guru agama.

Setelah doa pagi dilanjutkan dengan sambutan kepala sekolah,
dalam sambutannya kepala sekolah menyampaikan tentang makna halal bi halal.

“Tujuannya guna menumbuhkan rasa kebersamaan, melalui kegiatan halal bi halal juga dinilai dapat menjadi momentum penyempurnaan amal ibadah di bulan yang fitri. Kita berharap kegiatan ini dapat terus dilaksanakan dan tidak hanya sekedar menjadi kegiatan seremonial semata”, ujar bunda Yuli Eka Ismarini, S.Pd

Halal bi halal ini menjadi ajang silahturahmi di bulan syawal yang penuh berkah, dan kegiatan ini jga sudah menjadi salah satu agenda rutin yang dilaksanakan.

“Dengan kegiatan ini kita berharap dapat meningkatkan hubungan silahturahmi keluarga besar warga sekolah”, ungkapnya.
Ikrar syawalan dan diakhiri dengan acara salam-salaman yang di mulai dengan sesama Bapak/Ibu Guru dan Staf Tata Usaha kemudian dilanjutkan dengan  peserta didik kelas 7, 8 dan 9 kepada Bapak/Ibu Guru dan Bapak /Ibu Staf Tata Usaha.
Momentum ini merupakan ajang saling memaafkan seluruh warga SMP Negeri3 Rogojampi.

Kegiatan kemudian dilanjutkan dengan bersih-bersih ruang kelas yang akan digunakan untuk Kegiatan Belajar Mengajar. Seluruh peserta didik didampingi oleh wali kelas secara antusias membersihkan ruang kelas masing-masing yang notabene memang tidak digunakan selama libur kurang lebih dua minggu. (Rishje)