KPM PKH Hadir pada Bazar Ramadhan Desa Besowo Kec Kepung Kab Kediri

Kediri-Menaramadinah.com Sabtu, 30 Maret 2024. Bazar Ramadhan Desa Besowo, sebuah Desa terakhir di Kecamatan Kepung yang berbatasan dengan Gunung Kelud. Sebuah gunung yang masih aktif di Kabupaten Kediri. Dalam sejarahnya yang melegenda adalah terkait dengan Putri Kediri dan Lembu Sora, dan kawan gunung Kelud yang menjadi tempat lembu Sora ditimbun hidup-hidup oleh pasukan Dewi Kilisuci.

Sampai saat ini kawah tersebut menjadi kawah gunung berapi yang sangat luas, dan cukup menarik dan indah.
Bazar Ramadhan Desa Besowo ini sangat menarik perhatian masyarakat desa, bahkan para pedagang dari luar daerah juga ada, KPM (Keluarga Penerima Manfaat) PKH (Program Keluarga Harapan) Desa Besowo juga turut serta berpartisipasi dalam kegiatan bazar yang diadakan oleh desa ini. Menurut pemantauan penulis, peserta bazar terdiri dari beberapa kelompok antara lain; PKK, Karang Taruna, OKP (Organisasi Kepemudaan) ada IPNU dan IPPNU, UMKM dan juga KPM PKH.
Menurut keterangan Pendamping PKH, kegiatan ini merupakan aplikasi dari FDS/ P2K2 Modul Ekonomi. Rodiaz Dini Danara, yang akrab disapa dengan panggilan Mbak Rara, menjelaskan bahwa kegiatan bazar Ramadhan ini sebagai sarana berlatih untuk memulai usaha, mempererat hubungan persahabatan dan persaudaraan, saling bekerjasama dan mengelola keuangan bersama.

Menu yang disajikan adalah: lontong sayur, minuman nya cemoe, camilan ada sundukan telur puyuh bumbu pedas manis, kue bikang. satu paketnya Rp.15.00,- dengan pilihan sundukan telur puyuh dan atau kue bikang. Sedangkan sistem yang digunakan adalah dengan menukar kupon untuk seluruh anggota PKH, sejumlah 350-an. Kenyataan nya masyarakat umum juga antusias untuk membeli dan ada yang penasaran dengan sundukan telur puyuh bumbu pedas manis nya KPM PKH.
Ini adalah kegiatan yang positif dan bisa menggerakkan roda ekonomi, oleh karena dagangan yang berupa kuliner khas untuk takjil berbuka puasa yang beraneka ragam, juga ditampilkan berbagai macam jenis jajanan untuk lebaran, yang juga menarik. Kedepan kegiatan ini bisa diselenggarakan secara rutin akan bisa menjadi daya tarik tersendiri, apalagi kalau dipadu dengan berbagai kegiatan yang bisa menambah informasi dan wawasan tentang berbagai hal potensi Desa Besowo. Walaupun ini adalah kegiatan tahunan namun bisa akan dinantikan oleh masyarakat luas.
Salah satunya adalah posisi Desa Besowo yang berada paling dekat dengan gunung Kelud, bagaimana caranya agar dengan keberadaan gunung berapi aktif ini bisa memberikan inspirasi, motivasi dan semangat untuk terus berusaha mensejahterakan masyarakat diluar sektor pertanian.

Dari desa Besowo ini semoga akan bisa melahirkan berbagai karya masyarakat yang berguna dan bermanfaat untuk kita semua yang dilatarbelakangi oleh Gunung Kelud, sebagai mana orang Jepang terinspirasi dengan Gunung Fuji.
Mungkin tahun depan tidak hanya Bazar Ramadhan, tetapi ditambah dengan Festival Gunung Kelud, yang melibatkan anak-anak kekinian: ada video pendek tentang berbagai hal yang berhubungan dengan Keberadaan Gunung Kelud, sehingga lebih banyak pihak yang bisa berperan. Semoga Desa Besowo semakin luas dikenal khalayak.
Nur Habib, mengabarkan.