SMPN 2 Rogojampi dukung Dispendik Kerahkan 100 Guru Ikuti Workshop Menyusun Naskah Siaran Pers.

Banyuwangi-menaramadinah.com, Kepala SMPN 2 Rogojampi , Marhenyatoro, SPd, SH, MM hadiri dan mengikuti Workshop Menyusun Naskah Siaran Pers yang dibuka oleh Bupati Banyuwangi Ipuk Fiestiandani Azwar Anas melalui Live Striming yang bertempat Ballroom Aston Hotel Mojopanggung Banyuwangi (10-01-2024)

Hal ini untuk mendukung Dispendik Banyuwangi siap kerahkan 100 Guru Jadi Peserta Workshop Menyusun Naskah Siaran Pers dengan narasumber DR.Agus Sudibyo, mantan Komisioner Dewan Pers dan saat ini menjabat sebagai Dewan Pakar Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Pusat.

Kegiatan tersebut dihadiri oleh Choirul Ustadi Yudawanto asisten Administrasi Umum Sekretariat Daerah Kab. Banyuwangi, M. Lutfi, S.Sos.,M.Si, Kepala Kesbangpol Kab. Banyuwangi, Suratno, M.Pd Kepala Dinas Pendidikan Banyuwangi, Budi Santoso Kadis Kominfo dan Persandian Banyuwangi, Perwakilan dari Polresta, Kodim dan Lanal Banyuwangi serta Camat Se Kabupaten Banyuwangi, SKPD terkait, Lurah dan Kades se Kab. Banyuwangi , Humas Sekolah dan humas instansi negeri maupun swasta. Termasuk dari unsur Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Banyuwangi, Kejaksaan Negeri (Kejari), Perhutani, Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan (Stikes) Banyuwangi, Palang Merah Indonesia (PMI), dan Pengadilan Negeri (PN).Selain itu peserta berasal dari Universitas PGRI Banyuwangi, Pemdes Ketapang, Polresta Banyuwangi dan jajaran, RSUD Genteng, dan PT Angkasa Pura.

Sambutan positif dari lintas elemen terhadap kegiatan workshop ”Menyusun Naskah Siaran Pers” yang digagas Jawa Pos Radar Banyuwangi (JP-RaBa) benar-benar tak sekadar isapan jempol , jalannya workshop begitu gayeng dan interaktif sebagai bukti dengan banyaknya peserta kegiatan tersebut terus bertanya atau sekedar menyampaikan unek-uneknya dalam nenghadapi pers.

Kepala Dispendik Suratno menyatakan sangat-sangat mendukung untuk menugaskan seratus guru untuk mengikuti lokakarya tersebut.

Suratno sangat mengapresiasi kegiatan workshop dengan narasumber yang dihadirkan dalam workshop kali ini adalah tokoh yang sangat berkompeten.

Dia adalah anggota Dewan Pengawas TVRI dan Dewan Pakar Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Pusat yakni DR. Agus Sudibyo. Selain itu, Agus juga merupakan anggota Dewan Pers selama dua periode.

Selain menyampaikan materi berkaitan penyusunan naskah siaran pers, Agus Sudibyo yang baru meluncurkan buku berjudul Bernalar Sebelum Klik, Panduan Literasi Digital tersebut juga akan memaparkan kiat-kiat menghadapi wartawan, pungkas Suratno.

Sementara Menurut Choirul Ustadi, pihaknya merencanakan untuk menggelar kegiatan seperti ini secara rutin di masa yang akan datang, agar jajaran aparatur terbiasa menginformasikan kegiatannya, sehingga dapat meningkatkan pemahaman masyarakat dalam proses pembangunan di daerahnya.

Menurutnya, tidak menutup kemungkinan bahwa kegiatan ini akan melibatkan SKPD lainnya di lingkungan Pemkab Banyuwangi sehingga berbagai potensi dan inovasi dapat terekspose melalui kemampuan aparaturnya dalam mengolah informasi yang memenuhi kaidah-kaidah jurnalistik yang baku. “Jadi kita akan dorong supaya para pegawai bisa menyusun press release. Nantinya hasil karya release itu akan di publikasikan melalui website Diskominfo Kab. Banyuwangi , bahkan Radar Banyuwangi siap memuatnya di media cetak , tandasnya

Selain pemaparan mengenai teknik penyusunan naskah press release, pada kesempatan wokshop tersebut disampaikan pula mengenai himbauan agar menyiapkan materi / informasi yang harus disampaikan kepada pers / media terkait tupoksi secara instansi keseluruhan.(Rishje*)