*SUMBERJO SUKSES MELAKSANAKAN MUSRENBANGDES RPJMDESA 2023-2029*

Malang-menaramadinah.com-Tepat jam 13.45 Rabu 6 September 2023 bertempat di Pendopo Desa Sumberejo dilaksanakan Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Desa penetapan Dokumen Rencana Pembangunan Jangka Menengah Desa (RPJMDesa) tahun 2023-2029.

Hal tersebut dilakukan oleh Pemerintah Desa (Pemdes) Sumberejo dalam rangka patuh dan taat aturan yang memberlakukan bahwa ketika Maksimal 3 bulan setelah Kepala Desa baru dilantik RPJMDESA harus selesai.

Digawangi tim 11, tim yang di SK kan oleh Kepala Desa yang telah melakukan mulai dari Penggalian Gagasan ke 5 Dusun yang ada di Desa Sumberejo yang kemudian dilanjutkan dengan pertemuan-pertemuan yang intensif dan terjadwal untuk menyusun Dokumen RPJMDesa yang pastinya juga selalu didampingi oleh Pendamping Desa.

Musrenbangdes yang telah diagendakan oleh Pemdes mendapat apresiasi yang luar biasa dari forum yang hadir, tercatat sebanyak 151 orang yang terdiri dari Lembaga yang ada di Desa mulai BPD, LKMD, Ketua RT RW, Tokoh Agama, Tokoh Agama, Karang Taruna, Kader Kesehatan Keterwakilan Perempuan dan bahkan hadir juga Kepala Sekolah yang ada di Desa Sumberejo menambah partisipasi forum menjadi lengkap.

Abah Sakam, Kades Sumberejo demikian masyarakat memanggilnya menyampaikan bahwa proses perencanaan pembangunan desa yang di kawal oleh Pendamping Desa menjadi kunci keberhasilan desa dalam membangun yang juga tidak boleh terlepas dari peran unsur masyarakat.

” Pendamping Desa tanpa lelah sudah melakukan pendampingan kepada Tim 11 Penyusun RPJMDesa mulai dari Musdus dan pertemuan-pertemuan untuk menyusun Dokumen RPJMDesa yang sesuai aturan,

Tim 11 juga dengan _getol_ mengajak dan menginisiasi proses penyusunan, semoga semuanya yang berperan mendapat balasan yang luar biasa dari Allah SWT ” demikian harapnya yang kemudian dijawab Aamiin oleh Forum Musrenbangdesa.

Tim 11 yang diketuai oleh Sekretaris Desa Ahmad Khoiri melakukan kolaborasi yang apik dengan Kasun, yang baru dilakukan kali pertama ini dalam sejarah Perencanaan Desa yaitu penyampaian usulan hasil dari Musdus untuk diketahui semua peserta forum.

Sucipto selalu staf Kasi Pemerintahan Kecamatan yang mewakili Camat Poncokusumo juga memberi apresiasi bahwa langkah perencanaan pembangunan desa harus melibatkan semua unsur yang ada di Desa. Menjadi tambahan dalam sambutanya, Sucipto mengingatkan masyarakat Desa Sumberejo untuk segera melakukan pembayaran PBB bagi yang belum sebagai kewajiban sebagai Warga Negara Indonesia yang baik.

Musrenbangdes RPJMDesa pada hari itu juga disampaikan kepada peserta forum tentang usulan-usulan yang begitu banyak, yang meliputi bidang Penyelenggaraan Pemerintah Desa, Pembangunan,

Pemberdayaan Masyarakat , Pembinaan Masyarakat Desa dan bahkan juga tidak lupa Penanggulangan bencana yang memang harus ada di matriks usulan RPJMdesa untuk diketahui kapan perwujudannya selama 6 tahun.

“Proses perencanaan desa yang kita lalui bersama ini, menjadi bagian penting yang harus diketahui oleh masyarakat desa terlebih pemdes, selanjutnya rasa kemesraan antara pemdes dan masyarakat harus dipupuk dan dijaga dengan cara ikut berperan mengawal, mengawasi dan memberikan saran yang membangun agar Desa Sumberejo menjadi Desa Serambi Madinah sesuai visi misi Pak Kades dan kesuksesan merencanakan dengan matang ini menjadi sukses kita bersama ” demikian penegasan Yusfa selaku Pendamping Desa
Sebagai informasi Musrenbangdes juga turut dihadiri Babinkamtibmas dan Babinsa sebagai mitra desa di Sumberejo. Yuris