Prof Mahfud MD : Ini Jawaban Saya Soal TPPU

Mahfud MD Menkopolhukam menghadapi berbagai pertanyaan. Adapun pertanyaan tentang SATGAS TPPUĀ  tersebut :

1- Mengapa Satgas TPPU baru dibentuk setelah lebaran?
2- Kapan akan rapat Satgas?
3- Mengapa KPK tak ikut dalam Satgas?

INI????????JAWABAN SAYA:

Saya jelaskan dulu bhw kasus ini bukan sensasi dan tak pernah tenggelam setelah dibicarakan dgn riuh di publik dan di DPR. Juga sama sekali tdk terlambat atau terkendala. Bhw Satgas dibentuk dgn SK awal Mei itu artinya sdh cepat.

Masih ingat, kan? Perdebatan hukum dan politik ttg ini terakhir tgl 11 April 2023 di Komisi III DPR. Saat itu Komite TPPU menyampaikan rencana pembentukan Satgas. Tapi tanggal 19 April 2023 sdh liburan puasa. Praktis kegiatan pembentukan Satgas mulai dari perencanaan, rapat internal, sampai menghubungi calon anggota Satgas hanya tersisa beberapa hari.

Apalagi kegiatan Kantor baru efektif mulai 2 Mei 2023 krn yg menggabungkan cuti bersama dan cuti tahunannya juga baru masuk kantor 2 Mei 2023. Baru berkantor 2 hari langsung kita umumkan Satgasnya. Jadi ini sdh kerja cepat.

Rapat pertama Satgas akan dilakukan Jumat (5/5/23) pagi.

KPK tidak dikkutkan dlm Satgad karena KPK menangani laporan sendiri. Ketua KPK Pak Firli menyatakan tidak bisa bergabung dgn Satgas dan akan terus mengolah laporan dugaan pencucian uang yang sdh masuk langsung ke KPK. Secara struktur ketatapemerintahan KPK masuk dlm rumpun eksekutif tetapi bukan bagian dari Pemerintah sebagai lembaga eksekutif.

(MAR)