Kelompok 24 KKN Tematik UPN “Veteran” Jawa Timur Lakukan Kunjungan ke UMKM di Kelurahan Kauman

Blitar-menaramadinah.com-Kelompok KKNT 24 Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jawa Timur (UPN “Veteran” Jawa Timur) ditempatkan di Kelurahan Kauman, Kecamatan Kepanjen Kidul, Kota Blitar. Skema pada kelompok KKNT 24 UPN “Veteran” Jawa Timur yaitu kewirausahaan dan ekonomi kreatif yaitu membantu dan mengembangkan potensi ekonomi kreatif dan kewirausahaan di Kelurahan Kauman. Sebelum melakukan kegiatan KKN, kelompok 24 melakukan kunjungan ke UMKM yang ada di Kelurahan Kauman guna untuk merealisasikan program kerja yang sudah disusun.

Kegiatan yang dilakukan dari kunjungan ini yaitu melakukan survey UMKM untuk mendata usaha, mengetahui kendala beserta potensi apa saja yang dimiliki oleh warga Kelurahan Kauman. Dari kegiatan kunjungan ini didapat berbagai macam bidang usaha seperti perdangan, perikanan, perindustrian. Diketahui beberapa warga membuka usaha makanan dan minuman, seperti produk stik bawang, jamu, cendol, es pleret, kripik belut. Setelah melakukan pemetaan UMKM, kelompok KKNT 24 UPN “Veteran” Jawa Timur berencana membantu para pelaku usaha dalam mengembangkan usahanya karena dari beberapa UMKM yang telah disurvey belum memiliki brand dan pemasaran yang kurang memadai.

Berdasarkan informasi yang di dapat kelompok 24 KKNT UPN “Veteran” Jawa Timur berinisiatif untuk membangun branding dari UMKM tersebut dengan melakukan pemasaran secara digital, dari kunjungan ini juga mereka berharap bisa menjadi awal yang baik untuk mendapatkan pengalaman dan wawasan, serta dapat membantu UMKM untuk meningkatkan kreatifitas dari UMKM yang ada di Kelurahan Kauman sehingga penjualan UMKM di Kelurahan Kauman dapat meningkat. Husnu Mufid