Workshop dan Mentoring Digital Marketing Untuk UMKM

 

Surabaya-menaramadinah.com-Pada masa covid-19 banyak dari para pekerja yang kehilangan pekerjaanya akibat dari pengurangan karyawan yang dilakukan oleh perusahaan-perusahaan yang terdampak, oleh karena itu mereka memilih untuk membuka suatu usaha baru tetapi belum bisa memaksimalkan penjualannya melalui media online.

Dari latar belakang tersebut mahasiswa Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas PGRI Adi Buana Surabaya mengadakan kegiatan pelatihan digital marketing yang diadakan di kampus Unipa yang berada di Jl. Dukuh Menanggal XII, Kec. Gayungan, Surabaya pada hari Jum’at (14/04/23).
Berikut adalah link untuk registrasi pendaftaran peserta workshop digital marketing????????
http://bit.ly/unipa23
Kuota sangat terbatas, jangan sampai ketinggalan untuk mendapatkan ilmu yang bermanfaat ini.

Kegiatan pelatihan tersebut dilaksanakan secara offline dengan tema “Workshop dan Mentoring Digital Marketing Untuk UMKM”. Pelatihan tersebut ditujukan untuk para pelaku atau komunitas UMKM yang ada di Surabaya dan Sidoarjo sebagai yarget utamanya dengan tujuan untuk memberikan pedoman digital marketing yang jelas dan terarah tentang bagaimana cara menjual atau memasarkan produk melalui dunia digital/online sebagai salah satu cara yang dapat digunakan untuk lebih banyak menjangkau pelanggan.

Sementara itu, pada kesempatan yang sama Sjafrizal Kurniawan sebagai salah satu pemateri dalam pelatihan tersebut mengatakan, tujuan dari dibuatnya pelatihan tersebut adalah untuk bisa berguna bagi mahasiswa dan masyarakat.

“Melalui kegiatan ini bisa menjadi sebagai media praktikum pembelajaran wirausaha untuk mahasiswa, sebagai bentuk dari pengabdian masyarakat, dan juga menjadikan UMKM sebagai mitra kampus,” ujar Sjafrizal Kurniawan.

Pelatihan ini dimulai dengan sambutan oleh Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Bapak Tony Susilo Wibowo, S.E., M.Pd.,M.SM. dan juga sambutan dari ketua pelaksana.

Setelah sambutan, dilanjutkan acara pelatihan yang dibagi menjadi 2 sesi, dimulai dari penyampaian materi oleh Bapak Sjafrizal Kurniawan di sesi pertama, dan sesi kedua oleh Bapak Abdul Hamid Hasan dengan durasi masing-masing 90 menit.

Dalam pelatihan ini juga diajarkan bagaimana cara membuat nama produk dan caption yang simpel tapi menarik kepada para pelaku UMKM yang mengikuti kegiatan tersebut.

Di era sekarang transaksi online bukan merupakan suatu hal yang asing lagi, mulai dari anak-anak, remaja, sampai dengan orang tua. Perubahan zaman dan juga teknologi membuat semua berubah, contoh nyata nya adalah dengan adanya internet yang menjadi salah satu bagian penting pada saat ini.

Transaksi jual beli secara online sekarang menjadi sebuah kebiasaan baru dalam masyarakat. Transaksi secara online lebih banyak digunakan karena lebih efektif dan efisien yang dapat diakses menggunakan smartphone sehingga tidak perlu lagi keluar untuk mencari barang yang dibutuhkan, sehingga ini merupakan sebuah tantangan bagi para pelaku usaha yang dituntut untuk melek teknologi dengan berbagai strategi pemasaran yang ada mulai dari web, media sosial, maupun market place.

Dengan adanya kegiatan ini diharapkan kedepannya semoga para pelaku atau komunitas UMKM dapat mengoptimalkan teknologi yang ada sehingga dapat
mempermudah mereka dalam memasarkan produknya. Husnu Mufid