Kegiatan Pondok Ramadhan 1444 H di SMP Negeri 3 Rogojampi

Banyuwangi-menaramadinah.com, Setiap bulan suci Ramadhan pastinya semua umat Islam menggelar beberapa kegiatan, salah satunya adalah kegiatan pondok Ramadhan yang diisi dengan beberapa bentuk kegiatan keagamaan.

Dalam rangka menyambut bulan suci Ramadhan 1444 H di SMP Negeri 3 Rogojampi mengadakan kegiatan Pondok Ramadhan pada tanggal 27 Maret s.d 1 April 2023, dengan mengambil tema “ Semangat Ramadhan momentum memperbaiki dan memperbanyak ibadah untuk mewujudkan pribadi mulia.”

Pada saat acara pembukaan hari Senin (27/3) Yuli Eka Ismarini, S.Pd selaku Kepada SMP Negeri 3 Rogojampi menyampaikan ” Puji syukur kehadirat Allah SWT karena seluruh civitas akademika (Guru, Staf TU dan peserta didik) sampai saat ini diberikan kesehatan dan tetap beraktifitas di bulan yang penuh rahmat dan hidayah ini.”

Selain itu Yuli Eka Ismarini, S.Pd menyampaikan kegiatan pondok Ramadhan ini bagian dari program sekolah yang bertujuan membentuk peserta didik yang berkarakter dan berahlak baik, sehingga dengan demikian diharapkan nanti ada perubahan-perubahan prilaku dan sikap yang baik setelah kegiatan ini, tegasnya.

Lebih lanjut Yuli Eka Ismarini, S.Pd memberikan pesan kepada peserta Pondok Ramadhan “ Manusia yang mumpuni di bidang ilmu pengetahuan dan teknologi adalah tuntutan jaman yang tidak bisa dielakkan, kemajuan dan keberhasilan pembangunan suatu bangsa akan sulit diraih bila bangsa itu tidak mampu untuk mencetak kader-kader bangsa yang menguasai ilmu pengetahuan teknologi ini.

Tetapi pencetakan kader-kader bangsa yang hanya menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi saja tanpa dibarengi oleh penanaman keimanan dan ketaqwaan sebagai upaya menciptakan manusia-manusia yang pandai, tanpa didasari akhlak yang baik akan berbahaya bagi manusia yang lainnya, lebih jauh ini akan berakibat pula pada keberadaan bangsa dimasa depan, terangnya

Maka dari itu dengan momen di bulan suci Ramadhan ini, maka kegiatan pondok Ramadhan yang kita laksanakan menjadikan momen untuk mencetak generasi-generasi muda SMPN 3 Rogojampi yang lebih baik, dan bermanfaat bagi kita semua, harapnya.

Dikatakan juga oleh Bpk Muslih, S.Pd selaku Ketua Panitia Pondok Ramadhan dan sekaligus Pembina OSIS SMP Negeri 3 Rogojampi ketika bertemu menaramadinah.com, Tujuan kegiatan ini antara lain, Peningkatan kegiatan belajar mengajar di sekolah, penanaman keimanan dan ketaqwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa, pengkondisian kegiatan belajar mengajar yang dilingkupi suasana keagamaan dan pendalaman makna dan arti bulan suci Ramadhan.

Lebih lanjut Muslih, S.Pd menyampaikan sasaran kegiatan pondok Ramadhan adalah peserta didik SMP Negeri 3 Rogojampi kelas 7, 8 dan 9 yang terbagi dalam 3 sesi kegiatan (tiap tingkatan kelas wajib mengikuti selama 2 hari berturut-turut), tegasanya.
Kegiatan pondok Ramadhan di SMP Negeri 3 Rogojampi dilaksanakan pada pukul 08.00 s.d. 11.00 WIB yang bertempat di Lingkungan SMP Negeri 3 Rogojampi.

Kegiatan ini dihadiri oleh peserta didik yang sudah dijadwalkan dan juga para panitia selaku guru pendidikan agama Islam, guru dan staf tata usaha yang mendapatkan bagian pemberi materi pondok Ramadhan.

Kegiatan keagamaan yang diberikan oleh para panitia, yaitu
1. Materi tenatang bulan suci ramadhan,
2. Ibadah-ibadah utama di bulan suci ramadhan,
3. zakat dan
4. wudhu dan sholat.

Diakhir pertemuan Muslih, S.Pd menyampaikan mudah-mudahan kegiatan ini dapat berjalan dengan baik dan lancar, serta susuai harapan kita semua, Aamiin… (Rishje)