*DUKUNGAN PARA CHEF PADA GEBYAR UKK SMK PGRI 1 GIRI, BANYUWANGI*

Banyuwngi menaramadinah.com
Pada Sabtu, 4 Maret 2023, SMK PGRI 1 Giri telah menggelar Gebryar Uji Kompetensi Keahlian Tata Boga yang dimeriahkan oleh sekitar 20 IDUKA (Industri, Dunia Usaha, dan Dunia Kerja), yang antara lain dengan Penguji Eksternal beberapa Chef antara lain Chef Agus Supriyadi Excecutif Chef dari Hotel Mirah, Chef Heru Sutanto Excecutif Chef dari Hotel Dialoog. Dan juga dihadiri oleh Chef Fathul Huda Excecutif Chef Hotel Santika, Chef Holis

Pada Gebyar UKK tersebut ditampilkan dalam display dari hasil karya murid-murid Kompetensi Kejuruan Tata Boga yang bertemakan masakan Indonesia dan juga berbagai macam pastry dan bakery.

Ada berbagai macam produk UKK murid-murid SMK PGRI 1 Giri, antara lain menu masakan khas Banyuwangi soto babat, rujak sayur, pecel pitik, coto Makasar, woku ikan Manado, dan berbagai menu masakan nusantara.

Menurut Chef Heru Sutanto, karya dari murid-murid Tata Boga SMK PGRI 1 Giri dari segi plating dan inisiatif dalam cooking sebuah masakan sudah bagus, perlu peningkatan dalam segi cooking dan tidak boleh terburu-buru.

Chef Fathul Huda mengatakan, bahwa kreativitas dan semangat murid-murid SMK sangat bagus, perlu ditingkatkan lagi kualitas produk. Chef Heru juga memberi motivasi kepada murid-murid untuk tidak bosan-bosan belajar dan sering melihat ide-ide tentang garnish dan plating yang bagus.

Kepala SMK PGRI 1 Giri, Bapak Soenarto, mengatakan puji syukur alhamdulillah UKK berjalan cukup bagus, karena semua chef yang ada di Banyuwangi, termasuk yang ditempati PKL terutama anak-anak Tata Boga dihadirkan semua, dan Bapak Pengawas juga men-support, semoga di tahun depan dapat lebih bagus lagi, semuanya ini kita usahakan dengan harapan alumni kita semuanya bisa diterima di semua IDUKA, dengan menghadirkan IDUKA langsung di SMK PGRI 1 Giri.

Bapak Drs. Achmad Soedarto, M.M., Koordinator Pengawas SMK, Cabang Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Timur Wilayah Kabupaten Banyuwangi menimpali, bahwa kompetensi anak-anak dalam kegiatan UKK setiap tahun meningkat khususnya untuk Kompetensi Keahlian Tata Boga, karena mereka sudah disentuh dengan Chef dari beberapa hotel di Banyuwangi, sehingga dengan UKK ini mereka mampu menunjukkan kompetensinya dengan sebaik-baiknya, apalagi langsung didampingi oleh para Chef yang ada di Banyuwangi.

Terima kasih kepada Pak Narto selaku Kepala SMK PGRI 1 Banyuwangi dan seluruh Bapak/Ibu Guru Pendamping Tata Boga yang telah membekali anak-anak dalam rangka untuk memasuki dunia kerja, mudah-mudahan mereka masuk kategori penilaian kompeten, itu yang kitab bisa ikut bangga bagi lulusan SMK PGRI 1 Giri, Banyuwangi.
Untuk menyiapkan generasi muda penerus bangsa yang siap memasuki dunia kerja memang perlu secara kolaboratif dukungan tidak hanya dari lingkungan keluarga dan Lembaga Pendidikan atau sekolah, tetapi juga perlu kerja sama, kolaborasi dengan dunia industri, dunia usaha, dan dunia kerja serta berbagai pemangku kepentingan, guna mencetak lulusan SMK sebagai Sumber Daya Manusia yang kompeten pada bidangnya.

*) Yanti Devi Wijaya