Budidaya Ikan Lele Desa Pancakarya,Menjadi Wisata Kuliner

 

Jember-MenaraMadinah.com,Kelompok Pembudidaya ikan lele di desa Pancakarya sudah terbentuk tahun 2010. Saat itu masik belum terorganisasi Kelompok Pembudidaya Tegas Agus Salim Kepala desa Pancakarya di ruang kerjanya selasa,28/02/2023.

Ada masukan dari Bapak Camat kepada para pembudidaya untuk membetuk kelompok jelas kades Pancakarya.Maksud dan tujuan supaya dari hasil panen ikan lele tsb harga stabil kepada para Tengkulak di desanya maupun di luar desa Panca karya.

“,Demikian penjelasan kades pancakarya Penjualan hasil panen lele sudah bisa tembus kemasyarakat luar desa pancakarya.Sekarang para pembudidaya semakin banyak mencapai 5 dusun.Agus Salim selaku kades pancakarya Punya program Kuliner khas ikan Lele desa Pancakarya juga bisa jadi wisata desa kuliner meningkatkan UMKM di desanya.Harapan kepada Dinas perikanan bisa mengadakan suatu pelatihan untuk produksi pakan.Bisa mengkaryakan warganya untuk produksi pakan. Punya mesin untuk produksi sendiri jelasnya.

“,Lanjutnya sudah ada di 5 Dusun terbentuk Kelompok Kolam pembudidaya ikan lele.Adanya Mesin produksi bisa mengurangi Biaya operasional dari Pakan.

Terkait Hasil dari setiap kelompok pembudidaya lele sudah ada Pasarnya,Sampai keluar desa Panca karya.

Kepadapihak Dinas perikanan pemkab Jember memberikan motifasi kepada kelompok Pembudidaya ikan lele desa Pancakarya jelas kades Agus Salim.Bisa Menumbuh kembangkan ekonomi kepada warganya juga memberikan nilai lebih kepada warganya untuk penghasilan dan menghidupkan Roda ekonomi warganya.Dari budidaya ikan lele.

“,Selanjutnya,untuk meningkatkan hasil yang lebih Besar kepada pembudi daya Ikan lele di Desa Panca Karya,Mengharapkan bantuan Sarana Prasarana.Semacam pelatihan cara buat Pakan Lele,Pengadaan mesin produksi Pakan lele.Bisa menghemat Biaya operasional pakan kalau produksi sendiri pakan jelas kades Pancakarya.

Harapan kepada Pemerinta Kabupaten Memberikan Pelatihan sangat penting kepada
Kelompok Pembudidaya ikan lele yang ada di desa Pancakarya Pungkas Kades Agus Salim.(Trisno)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *