“Menjadi pribadi yang tawadhu’, kreatif dan bertaqwa kepada Allah SWT” Tema memperingati Isro’ Mi’roj Nabi Muhammad SAW di SMP Negeri 3 Rogojampi

Banyuwangi-menaramadinah.com, Isra’ Mi’raj merupakan peristiwa yang melekat dengan kerisalahan Nabi Muhammad Shallallahu Alaihi Wasallam, dalam perjalanan sejarahnya Isra’ dan Mi’raj diabadikan di dalam Al-Qur’an Surah Al-Isra’ ayat 1.

Sebagaimana Allah berfirman yang artinya, “Maha Suci Allah yang telah memperjalankan hamba-Nya pada suatu malam dari Masjidil Haram ke Masjidil Aqsa yang Allah telah memberkahi sekelilingnya supaya Allah memperlihatkan sebagian tanda-tanda kekuasaan-Nya, Allah sungguh Maha Mendegar dan Maha Melihat”.

Dalam rangka memperingati Isra Mi’raj Nabi Muhammad SAW dengan mengangkat tema “Menjadi pribadi yang tawadhu’ kreatif dan bertaqwa kepada Allah SWT”, selain mengadakan ceramah/tausiah keagamaan oleh mubaligh, panitia kegiatan Isra’ Mi’raj SMP Negeri 3 Rogojampi juga mengadakan berbagai lomba.

Bertempat di lingkungan sekolah, seluruh peserta didik antusias mengikuti pelaksanaan kegiatan yang berlangsung selama 2 hari (hari Jum’at dan Sabtu) panitia memberikan ketentuan umum yaitu setiap kelas 7, 8 dan 9 wajib mempunyai satu perwakilan untuk mengikuti lomba-lomba, adapun lomba yang bisa diikuti antara lain lomba adzan, cerdas cermat, menyanyi lagu Religi/sholawatan, tartil Al-Quran, dan menggambar kaligrafi.

Sebagaimana yang disampaikan oleh ketua panitia Bapak Muslih, S.Pd kepada menaramdinah.com (20/2/2023) pada saat penyerahan hadiah kepada para pemenang lomba,” Alhamdulillah untuk kegiatan memperingati Isra Mi’raj Nabi Muhammad SAW 1444 H / 2023 M di SMP Negeri 3 Rogojampi berjalan baik dan lancar. Tujuan diadakannya perlombaan ini selain memperingati Isra Mi’raj adalah mencari bibit unggul peserta didik yang berbakat dalam bidang lomba tersebut.

Diharapkan dengan kegiatan ini peserta didik mempunyai semangat berkompetisi dalam lomba bernuansa Islami dan semakin cinta pada keilmuan keislaman dalam kehidupan sehari hari.

Adapun puncak acaranya mendengarkan tausiah atau ceramah keagamaan yang disampikan oleh Ustad Abdullah selaku pengurus komite sekolah, jelasnya.

Sementara itu Yuli Eka Ismarini, S.Pd selaku kepala sekolah menyampaikan rasa syukur, karena sekolah secara rutin melaksanakan kegiatan-kegiatan memperingati hari besar keagamaan setiap tahunnya.

Sukses kegiatan ini tidak lepas dari peran serta seluruh dewan guru, staf tata usaha, komite sekolah dan anak-anak kelas 7, 8 dan 9 SMP Negeri 3 Rogojampi, tuturnya.
Dalam rangka memperingati Isra’ Mi’raj Nabi Muhammad SAW, Yuli Eka Ismarini, S.Pd mengajak kepada seluruh warga SMP Negeri 3 Rogojampi untuk menjadikan peringatan Isra’ Mi’raj sebagai momentum intropeksi diri agar menjadi pribadi yang lebih baik dan bertaqwa kepada Allah SWT sebagimana yang dicontohkan oleh Nabi Muhammad SAW,” harapannya.

Berikut hasil lomba memperingati Isra’ Mi’raj Nabi Muhammad SAW 1444 H / 2023 M ;
Kategori lomba cerdas cermat ; Juara 1 8A, Juara 2 7E dan Juara 3 9E
Kategori lomba Tartil ; Juara 1 Najwatus Syabila (7B), Juara 2 Rosa (9C) dan Juara 3 Evriel Dwi A.M (7E)

Kategori lomba Adzan ; Juara 1 Abi R (9A), Juara 2 Dio Nanda (7D) dan Juara 3 Alfarado Bagas (8C)
Kategori lomba Lagu religi/sholawat : Juara 1 Endin Meilani (8B), Juara 2 Arum (8F)dan Juara 3 Nafa Syakila (9F)
Kategori kaligrafi juara 1 Wulan octavia (9F), Juara 2 Dina natasya (9A) dan juara 3 silvi dwi N (9B). (Rishje)