Gebyar Festival Musik Jember,Wujud Bangkitkan Ekonomi Kreatif

 

Jember, MenaraMadinah.com– Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Jember menggelar Festival Musik bertujuan untuk membangkitkan ekonomi kreatif Tema yang diambil “ekonomi kreatif dari musik”. Hal ini untuk mengingatkan kembali kepada para generasi bahwa Indonesia memiliki sejarah seni musik yang panjang, Rabu (15/2/2023).

Kepala Disparbud Jember, Harry Agustriono menyampaikan, Jember musik kreatif kita mengangkat tema ekonomi kreatif dari musiknya dari berikan satu potensi dan para seniman Jember.

“Tentunya memberikan peluang dalam berekspresi musik ini, dan finishnya nanti ada 2 lomba pencipta lagu dari semua genre dan festival musiknya dari grup band,” ujarnya.

Nantinya, festival musik ada grandfinal pencipta lagu juga di tampilkan dan festival grup band 5 terbaik juga di ambil. Harapan adanya musik ini memberikan nilai tambah.

“Oleh sebab itu, Jember juga mengembangkan pariwisata jenis budaya lain. Musik juga bagian dari pintu masuk orang mengingatkan kembali, agar Supaya bisa berkolaborasi dengan seni tradisi dan musik lainnya,” menurutnya.

Festival jenis musiknya bebas, nantinya panitia bisa menyeleksi dari akademisi praktisi dan rumah produksi. Sehingga industri seni musik juga naik bagian daya saing kita harus menjaga kearifan lokal kita.

“Bahwa kabupaten jember banyak talenta perlu kita motivasi untuk berkarya, harus diberikan wadah untuk pertemuan tidak hanya berhenti di festival saja,” ungkapnya.

Kepala Disparbud juga mengungkapkan, festival musik terus dilakukan mana yang layak dikembangkannya bisa di ikutkan even selanjutnya, akan berdampak positif bagi pertumbuhan ekonomi kreatif.

“Diharapkan menjadi festival musik di Jember, berkibar berstandar nasional maupun internasional,” pungkasnya.

Pewarta:Trisno