Wujudkan Smart Village dengan Perpustakaan Berbasis Inklusi Sosial

Jember, Menaramadinah.com. Anggota DPR RI Komisi X dari Fraksi Partai Golkar H. Muhamad Nur Purnamasidi memberikan ribuan buku-buku untuk meningkatkan literasi masyarakat desa, Senin, (23/01/2023).

Penyerahan buku secara langsung dilakukan oleh Tenaga Ahli DPR RI A-316 Ali Murtadho yang juga Bacaleg DPRD Provinsi Dapil Jawa Timur V.

Untuk tahap awal, terdapat 6 perpustakaan berbasis komunitas yang beragam. Diharapkan ke depan, bekerja sama dengan Pemerintah Desa baik di Jember maupun Lumajang untuk bergandeng tangan menggerakkan Perpustakaan Desa berbasis inklusi sosial.

Sehingga dapat meningkatkan literasi informasi, menumbuhkembangkan kreativitas, inovasi serta meningkatkan kualitas hidup dan kesejahteraan masyarakat desa.

“Buku-buku sengaja dipilah dan dipilih secara khusus, bersifat tematik dengan menyesuaikan potensi desa beserta kemungkinan pengembangannya.”ujar Pria alumni Fisip UNEJ yang akrab disapa Bang Pur ini.

Politisi Senayan Dapil Jawa Timur IV berharap Buku-Buku tematik dapat dikelola secara optimal dan berkelanjutan. Bersinergi serta berkolaborasi dengan semua stakeholder/pemangku kepentingan agar ke depan terbangun jejaring berbagai sektor dan usaha ekonomi kreatif.

Masyarakat Desa perlu dibekali inovasi, kreativitas serta aksesibilitas digital untuk meningkatkan pengetahuannya. Dengan demikian, SDM di Desa dapat mengelola dan mengoptimalkan potensi SDA dengan baik. Tandasnya.

“Smart Village, one Village, one Product dan berbagai program pembangunan desa hendaknya terintegrasi dan harus ada pengarusutamaan. Imbuh Politisi Senayan yang juga Ketua Konsolidasi Wilayah Jawa II (Jawa Tengah, DIY dan Jawa Timur) DPP Ormas MKGR .

“Buku-buku ini sangat menarik, selain bersifat tematik, juga lebih aplikatif/mudah diterapkan, dan juga menjadi “jendela” untuk membuka cakrawala pengetahuan yang lebih luas. Ungkap Muhamad Dayat salah satu tokoh penggerak pemuda Silo.

Atas nama perpustakaan Komunitas di Kecamatan Silo, dan khususnya Hamka Puncak Jaya, kami mengucapkan terima kasih atas dukungan dan bantuan dari H. Muhamad Nur Purnamasidi DPR RI Komisi X Fraksi Partai Golkar.

Insya Allah kami akan terus bergerak, mengedukasi serta dengan komponen lainnya memberikan pencerahan serta pemberdayaan. Agar perpustakaan berbasis Inklusi sosial dapat terwujud dan menjadi katalisator/motor penggerak peningkatan ekonomi serta kemajuan desa. Pungkasnya. (Red. Alien).