PKD PAC GP ANSOR ROGOJAMPI “KADER TANGGUH UNTUK MENYONGSONG MASA DEPAN DI ERA GLOBALISASI”

Banyuwangi-menaramadinah.com, Pimpinan Anak Cabang (PAC) Gerakan Pemuda (GP) Ansor Kecamatan Rogojampi Kabupaten Banyuwangi menggelar Pelatihan Kepemimpinan Dasar (PKD) di Lembaga Pendidikan MI Islamiyah Pengatigan Rogojampi.

Kegiatan tersebut diikuti sebanyak kurang lebih 50 peserta dan berlangsung selama dua hari dari tanggal 17 s.d 18 Desember 2022. Jurnalis menaramadinah.com melaporkan.

Pada hari sabtu (17/12/2022) bertempat di pendopo Pemerintahan Desa Pengatigan Kecamatan Rogojampi pada pukul 10.00 WIB dilaksanakan acara serimonial pembukaan Pelatihan Kepemimpinan Dasar (PKD).

Dihadiri undangan dari Forkopimka Rogojampi, PC GP Ansor Banyuwangi, Jajaran pengurus MWCNU Rogojampi beserta Banom-banom Fatayat, Muslimat, Banser serta seluruh peserta pelatihan berjalan dengan lancar dan khidmad.
Pada saat sambutan ketua panitia, Hilmi menyampaikan kegiatan ini diinisiasikan kurang lebih 2 bulan yang lalu. Kegiatan ini sebagai bagian menumbuhkembangkan sikap militansi, intelektual dan visioner. Adapun tema PKD tahun ini adalah “ Kader Tangguh Untuk Menyongsong Masa Depan Di Era Globalisasi”.

Lebih lanjut Hilmi menyampaikan PAC.GP Ansor mempunyai visi dan misi untuk keberlangsungan organisasi Nahdaltul Ulama, dengan harapan jangan sampai ada kalimat kita alumni Ansor, karena sebagai kader Ansor maka wajib bagi kita untuk melanjutkan diri menjadi bagian kader dan pengurus di Nahdlatul ulama di masa depan, jelasnya.

Pada akhir sambutannya Hilmi melaporkan seluruh peserta mengikuti PKD berjumlah kurang lebih 50 peserta yang terdiri dari beberapa pengurus dan anggota Ranting di wilayah PAC Rogojampi dan juga beberapa perwakilan PAC Kabat, PAC Singojuruh, PAC Blimbingsari dan PAC Songgon, mudah-mudahan nantinya berjalan dengan baik dan lancar. harapnya

Sedangkan sambutan dari Ketua PAC GP Ansor Rogojampi Muhammad Ulin Nuha,SE menyampaikan Syukur Alhamdulillah bahwasanya Pelatihan ini sebagai ikhtiar dalam menjalankan amanat organisasi yang pertama kali, mudah-mudahan berjalan dengan baik dan lancar.

Lebih lanjut Ulin Nuha, SE menjelaskan Pelatihan ini terlaksanakan atas kerjasama seluruh jajaran pengurus PAC GP Ansor Rogojampi dan bimbingan PC GP Ansor Banyuwangi serta MWNU Rogojampi, tidak lupa juga kegiatan ini di dukung oleh pemerintah Desa Pengatigan Rogojampi yang Insyaallah kegiatan ini akan berjalan lancar, pungkasnya

PKD kali dilaksanakan dengan terbatas jumlah pesertanya dikarenakan dalam pelatihan diutamakan kualitas kader dimana seluruh pemateri berasal dari Pimpinan Cabang GP Ansor Banyuwangi, sehingga nantinya akan diperoleh kader- kader yang militan dan profesional sesuai dengan tujuan pelatihan khususnya bagi kader-kader PAC Rogojampi.

Pada akhir sambutan Muhammad Ulin Nuha, SE menyampaikan harapan kepada seluruh peserta ikuti seluruh pelatihan dengan sebaik-baiknya, semoga menjadi kader-kader terbaik dan dapat mengaplikasikan hasil yang diperoleh selama pelatihan ke ranting masing-masing
Terakhir berpesan kepada sahabat Ansor “ Janganlah sekali-kali mengharapkan hidup di organisasi, akan tetapi hidupilah organisasi ini dengan sebaik-baiknya”, Tegasnya.

Dari Perwakilan Pengurus Cabang GP Ansor Banyuwangi, Sofyan Ahda alex menyampaikan sambutannya dengan membawakan pesan dari Pimpinan Cabang GP Ansor Banyuwangi diharapkan seluruh jajaran Pimpinan Anak Cabang (PAC) untuk bersinergi dan bekerjasama dengan jajaran Forkopimka diwilayahnya masing masing (Camat, Polsek dan Koramil) karena ini bagian perintah dari Pimpinan Pusat karena Mentri Agama RI adalah Katua GP Ansor, maka dari itu harus dilaksanakan.
Untuk pesan selanjutnya Sofyan Ahda alex menyampaikan, pelatihan dan kaderisasi adalah jantung organisasi yang harus dilakukan, teruslah berproses sehingga tumbuh dan berkembang lebih pesat, lebih besar, lebih baik lebih profesional dalam berorganisasi.

Karena kesusksesan kaderisasi ditingkat PAC adalah kesuksesan mencetak kader yang militan, tidak hanya sekedar kuantitas yang diharapkan akan tetapi kualitas kader yang nantinya akan membuat organisasi akan semakin berkembang dan maju, tegasnya. (jurnalis Rishje)