Bupati Mengajak Kepala OPD dan ASN Pemkab Pasuruan Agar Menjadi Pelopor Lingkungan Hidup

Pasuruan – Menaramadinah.com : Bupati Pasuruan Irsyad Yusuf meminta Kepala OPD dan ASN dilingkungan Pemkab Pasuruan menjadi pelopor pelestari lingkungan.

 

Hal ini disampaikan Bupati saat memperingati Puncak Peringatan Hari Lingkungan Hidup, di Kebun Raya Purwodadi.

Dikatakan oleh Bupati, ASN bisa memberikan contoh kepada lingkungan sekitar tempat tinggalnya agar bisa berbuat semaksimal mungkin dalam pelestari lingkungan.Kepada seluruh Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) agar mampu menjadi tauladan bagi masyarakat. Senantiasa menjaga lingkungan hidup, seperti halnya alam membutuhkan manusia untuk pelestariannya merupakan pengingat tentang pentingnya perlindungan lingkungan alam. Harapannya, terjalin relasi simbiosis mutualisme antara manusia dan lingkungan hidup.

Perubahan iklim akibat dari pemanasan global yang berdampak pada kenaikan muka air laut, terjadinya pergeseran daratan di area pesisir, peningkatan terjadinya bencana hidrometeorologi dan lain sebagainya. Bahkan penelitian terbaru menemukan bahwa kenaikan suhu atmosfer bumi mempercepat penyebaran virus yang menyebabkan semakin sering munculnya wabah penyakit manular.

Didampingi Wakil Bupati Mujib Imron, Bupati menjelaskan, saat ini pemanasan global bisa menyebabkan virus penyakit dan wabah menular jadi cepat berkembang di bumi. Makanya harus diantisipasi bersama dan lebih berhati-hati. Ikhtiarnya adalah merawat bumi. Satu Bumi Untuk Masa Depan

“Kita semua wajib berjuang untuk memberikan kontribusi yang terbaik dalam upaya perlindungan lingkungan hidup,” ujarnya.
Dalam kesempatan itu juga
sosialisasi pengomposan dan pemilahan sampah.

Hadir dalam forum diskusi tematik upaya menjaga lingkungan hidup yang berlangsung penuh keakraban tersebut, seluruh Kepala OPD dan Camat dan Sekretaris Dewan Kabupaten Pasuruan.

Tidak terkecuali seluruh Asisten, Staf Ahli Bupati dan seluruh staf Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Pasuruan sebagai penyelenggara kegiatan. Kegiatan diawali dengan olahraga bersama. Dimulai dengan jalan santai mengitari areal Kebun Raya Purwodadi. Selang beberapa waktu kemudian dilanjutkan dengan senam bersama. (aza)