Semarak Syiar Haul Akbar Makassar 2022 dihadiri Ribuan Jamaah Al-Khidmah

 

Makassar, MenaraMadinah.Com-Lantunan dzikir dan solawat dari Ribuan Jamaah Al-Khidmah dalam MaulidRosul Muhammad SAW dirangkai Haul Akbar Makassar 2022, menggema di seluruh penjuru Masjid Raya Makassar.( Ahad,20/11/2022).

 

 

Gema Kalam ilahi, Khataman kitab suci yang dibaca secara berjamaah (Khotamul Qur’an ) oleh ribuan jamaah yang hadir dilanjutkan dengan dzikir Solawatan menghiasi langit kota Makassar yang sedang hujan rintik pagi itu.

Rangkaian Acara MaulidRosul Muhammad SAW dan Haul Akbar Makassar 2022 kali ini terasa istimewa. Selain dihadiri para Habaib dari Pulau Jawa, para Assatid dan Masyaikh , para Kyai serta Tokoh Organisasi Masyarakat, Pejabat Pemerintah Kota , Aparat TNI Polri juga ribuan kaum muslimin – muslimat di Makassar dan sekitarnya. Bahkan banyak kafilah jamaah Al-Khidmah dari luar Sulawesi Selatan seperti Luwu Timur dan Sulawesi Barat.

Dalam Tausiyah Mau’idhotun Hasanah Habib Mustofa bin Umar Alaydrus, menyerukan pentingnya kembali ” tunduk” kepada Alloh SWT. Karena menurutnya , dalam kondisi bagaimanapun , berlaku kekuasaan mutlak dari Alloh SWT. Sedangkan manusia dan alam adalah makhluk ciptaan, yang lemah dan kecil dihadapan Alloh SWT.

Habib Mustofa bin Umar Alaydrus mencontohkan, betapa banyak pemimpin bangsa di dunia yang menyombongkan dirinya , merencanakan segala keinginannya melalui kekuasaannya, namun baru saja diuji dengan datangnya virus bernama Corona yang kecil bentuknya , akhirnya berantakanlah semua rencana itu. Untuk itu tak ada jalan lain , kecuali bermunajat dan tawakal kepada Alloh SWT .

Alloh SWT Maha Kuasa dan Maha Kaya-raya. Andaipun semua doa keinginan manusia seluruh dunia dipenuhiNya, itulah tidak akan mengurangi KeMahakayaan Alloh SWT. Dunia seisinya yang dibangga-banggakan manusia, ibaratnya hanya setetes air dari ujung jarum yang dicelupkan di air laut. Betapa kecilnya, dibandingkan Kekayaan Alloh yang tiada terhingga. Untuk itu, niat dan do’a yang terpenting dalam setiap amal ibadah adalah mencari RidhoNya”, tegas Habib lulusan Rubat Tarim ini.

Dengan adanya Acara MaulidRasul Muhammad SAW dan Haul Akbar ini, semoga Alloh SWT memberikan ampunan , menurunkan Rahmat karunia dan ridhoNya. Semoga keselamatan dan kesejahteraan Alloh limpahkan bagi seluruh hadirin , masyarakat Makassar Sulawesi Selatan serta bagi seluruh bangsa Indonesia.

Dalam Haul Akbar Makassar 2022 kali ini ribuan jamaah mengenang dan berkirim doa antara lain kepada , Sulthonul Auliya’ Assyech Abdul Qodir AlJailany QS, Sayyidina Asy Syaikh Jamaluddin Al Akbar Alhusaeni RA, Sayyidina Asy Syaikh Yusuf Alkholwaty AlMakassary RA, Sayyidina Asy Syaikh Pangeran Diponegoro RA, Sayyidina Asy Syaikh Muhammad Utsman Al Ishaqi RA, Sayyidina Asy Syaikh Achmad Asrory Al Ishaqy RA, Sayyidina Asy Syaikh Al ‘Allamah KH Muhammad Nur RA , Sayyidina A.G.KH Dr Sanusi Baco BA,Lc,MA, Sesepuh Pinisepuh dan Seluruh Syuhada dan Auliya di setiap zaman, Ahli Kubur Masyarakat Makassar Sulawesi Selatan dan seuruh dunia.

Pengurus Masjid Raya Makassar yang diwakili Imam besarnya menyatakan ” terpesona dan takjub” dengan digelarnya acara Haul Akbar Makassar 2022 di masjid ini. ” Sesuatu perhelatan dan niat yang pantas didukung, termasuk Acara Keagamaan apalagi Haul ini “, pujinya penuh syukur . Menurutnya, fasilitas Masjid Raya Makassar adalah milik umat islam, sehingga pihak manapun, jamaah manapun bebas menggunakannya sepanjang untuk Acara Keagamaan yang mendatangkan kedamaian.

Jamaah Al-Khidmah merupakan organisasi majelis dzikir yang didirikan oleh Asyaikh Ahmad Astory Al-Ishaqi,RA pendiri dan Pemimpin Pondok Pesantren AlFitroh Surabaya. Majelis yang menamakan diri Al-Khidmah yang dimaksudkan sebagai “Pelayan bagi Umat” ini berpusat di Surabaya Jawa Timur, dengan membentuk Kepengurusan di tingkat pusat, serta Wilayah ( Propinsi) dan Daerah ( Kabupaten/Kota). Menurut informasi yang disampaikan Ketua Umum Jamaah Al-Khidmah, hingga saat ini telah terbentuk kepengurusan di banyak propinsi , bahkan berkembang hingga Luar negeri . Setiap tahun mereka menyelenggarakan acara puncak Haul Akbar yang dipusatkan di Pondok Pesatren AlFitroh Surabaya.

SamsuHD

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *