PAMERAN HASIL PRODUK SMP NEGERI 3 ROGOJAMPI (SEMPEGA EXPO) 2022 DIHADIRI KABID SMP DINAS PENDIDIKAN KABUPATEN BANYUWANGI

Banyuwangi-menarahmadinah.com, Sebagai salah satu rangkaian pelaksanaan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5), SMP Negeri 3 Rogojampi di Pendopo Batalyon Macan putih menyelenggarakan pameran hasil karya (Sempega Expo) pada tanggal 7 -22 Nopember 2022, projek kali ini bertema”Kewirausahaan sebagai salah satu modal untuk beraktifitas sosial”.

 

Kegiatan yang sudah berlangsung beberapa hari ini, di hadiri Kepala Bidang SMP Dinas Pendidikan Kabupaten Banyuwangi, Kepala SMP Negeri 3 Rogojampi, seluruh Bapak/Ibu Guru, staff tata usaha, pengurus komite sekolah dan seluruh peserta didik kelas 7,8 dan 9 yang berjumlah kurang lebih 547 siswa.

Pada kegiatan Sempega Exspo 2022 sesi ke-dua diawali dengan penampilan berbagai atraksi peserta didik yang aktif dalam kegiatan ekstrakurikuer seperti seni tari, musik tradisi dan band SMP Negeri 3 Rogojampi.
Antusiasme peserta didik untuk menikmati suguhan kesenian yang dikemas dalam acara pentas terbuka tersebut membuat para undangan dan peserta yang hadir memberikan apresiasi sangat luar biasa dan menajdikan suasana senang dan gembira.
Pada sesi sambutan-sambutan diawali dari pidato Kepala SMP Negeri 3 Rogojampi Bunda Yuli Eka Ismarini, S.Pd menyampaikan syukur alhamdulillah sekolah dapat menyelengarakan kegiatan gelar karya proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila yang dikenal istilah P5.
Lebih lanjut Bunda Yuli Eka Ismarini, S.Pd menyampaikan bahwasanya pelaksanaan hari ini adalah episode P5 yang 2 (kedua), yang pertama telah dilaksanakan pada bulan September mengambil tema Suara Demokrasi dengan hasil produk terlaksananya kegiatan pemilihan ketua dan pengurus OSIS (Pilkatos) periode tahun 2022/2023, sedang hari ini adalah kegiatan P5 episode ke 2 (dua) dengan mengambil tema Kewirusahaan, jelasnya.

Pameran hasil produk adalah sebagai salah satu wadah untuk aktifitas sosial, dimana dengan tema kewirausahaan siswa-siswi melaksanakan kegiatan jual-beli dan juga pameran hasil karya siswa yang dilaksanakan mulai tanggal 14 s.d 22 Nopember 2022.

Proyek P5 sebagai bentuk aktulaisasi peserta didik, maka dari itu diharapkan peserta didik untuk pandai hidup bekerjasama, menyalurkan kreatifitas dan juga hidup secara mandiri, percaya pada kemampuan diri sendiri, jelasnya..
Disela-sela sambutan, Kepala sekolah memaparkan beberapa program-program kegiatan yang telah dilaksanakan selama kepemimpinanya seperti pengembangan dan pembangunan fisik maupun non fisik, ikut mensukseskan program kebijakan publik yang diadakan Pemerintah Kabupaten Banyuwangi dan selalu menjalin koordinasi dan komunikasi dengan pengurus Komite sekolah sebagai mitra sekolah, hal ini sebagai bentuk sukses sekolah dalam memberikan pelayanan serta program-program di SMP Negeri 3 Rogojampi.

Pada akhir sambutan Bunda Yuli Eka Ismarini, S.Pd menyampaikan harapan semoga kegiatan ini berjalan dengan lancar diberikan kemudahan dan kesuksesan, harapnya.

Sedangkan sambutan dari Kepala Bidang SMP Dinas Pendidikan Kabupaten Banyuwangi Bapak Dr. H. Alfian, M.Pd menyampaikan rasa syukur bisa hadir pada acara gelar aksi Sempega Expo yang dilaksanakan SMP Negeri 3 Rogojampi, karena kekompakan Bapak/ibu guru, staff tata usaha serta antusiasme siswa-siswi dapat memberikan aura positif serta apresiasi yang baik sehingga nantinya akan tercapai kepada tujuan kegiatan.

Bapak Dr. H. Alfian, M.Pd sebagai Kabid SMP Dinas Pendidikan Banyuwangi selalu mendukung setiap aktifitas sekolah dalam melaksanakan kegiatan-kegiatan yang terprogram sebagaimana yang telah diamanatnya dalam program merdeka belajar, tegasnya .

Selanjutnya setelah memberikan kata sambutan Kabid SMP Dinas Pendidikan membuka acara dengan pemotongan pita sebagai bentuk simbolisasi dibukanya Sempega exspo, dengan membaca Bismillahirrohmanirrohin pemotongan pita dilaksanaan dan mudah-mudahan kegiatan ini berjalan baik, lancar dan sukses, jelasnya.

Disela-sela acara, Bapak Dr. H. Alfian, M.Pd didampigi Kepala Sekolah, Waka Kurikulum, Waka kesiswaan, Humas dan beberapa Bapak/ibu guru berkunjung di beberapa stand pameran produk-produk kewirausahaan hasil kreasi para peserta didik, juga melakukan wawancara kepada petugas jaga stand pameran dan sekaligus memborong beberapa produk yang dijual sebagai bentuk apresiasi luar biasa atas terselenggaranya kegiatan.

Dalam wawancara menarahmadinah.com dengan Waka kurikulum selaku penanggungjawab Ibu Nurul Aini, S.Pd menyampaikan Alhamdulillah kegiatan projek penguatan profil pelajar pancasila (P5) berjalan baik dan lancar sesuai harapan.

Maksud dan tujuan expo yaitu memberikan kesempatan kepada para peserta didik untuk belajar menjadi pelaku dan penggerak roda perekonomian dalam lingkup kecil, mengasah jiwa entrepreneurship ( wirausaha ) sejak dini, mengajarkan sikap jujur, kreatif, kerjasama, tanggung jawab serta pantang menyerah.
Kegiatan yang dilaksanakan dari pukul 08.00-11.00 WIB ini bukan hanya sekadar ajang untuk mengimplementasikan ilmu ekonomi dan kewirausahaan yang didapatkan dari pembelajaran di kelas saja, tetapi juga sebagai ajang kompetisi antar kelas untuk menampilkan produk dan desain stand terbaik.

Produk yang dijual di stand berupa aneka makanan tradisional maupun modern, kue basah dan kue kering, aneka minuman juga berbagai produk kerajinan hand made karya peserta didik seperti hand bag, pin kegiatan, buket bunga, buket snack dan juga beberapa lukisan.

Untuk sukses kegiatan Projek penguatan profil pelajar pancasila (P5) peserta didik tidak semata-mata langsung melaksanakan aksi pameran langsung jadi, akan tetapi mereka sebelumnya memperoleh ilmu pengetahuan, wawasan serta materi lainnya selama 1 minggu (mulai tanggal 7.sd 12 Nopember 2022). Materi yang disampaikan antara lain wawasan P5, mengenal kewirausahaan, manajemen pemasaran, manajemen promosi, branding stand dan pembentukan kepanitiaan serta tatacara pembuatan laporan akhir, jelasnya.

Dan hari ini mulai tanggal 14 s.d 22 Nopember 2022 para peserta didik melaksanakan pameran secara berjenjang dan bergiliran, mereka berupaya semaksimal mungkin untuk menampilkan yang terbaik dengan mendesain stand dan produk mereka semenarik mungkin diiringi dengan upaya persuasif untuk menarik konsumen sebanyak-banyaknya.

Pada akhir wawancara Ibu Nurul Aini, S.Pd menyampaikan, ternyata para pengunjung yang hadir dari Bapak/ibu guru, staff tata usaha dan juga peserta didik sangat antusias dan mengapresiasi produk-produk yang dijual di Sempega Expo kewirausahaan ini, hal ini terbukti dalam waktu yang tidak lama produk yang mereka tawarkan di stand masing-masing kelas habis terjual.

Semoga kegiatan ini bisa menjadi pelajaran bagi para calon entrepreneur muda dari SMP Negeri 3 Rogojampi, semoga ditahun-tahun akan datang kegiatannya lebih meriah dan sukses, Aamiin, harapnya. (Jurnalis Rishje)