Pemanfaatan Salah Satu Bahan Pupuk Yang berlimpah

Oleh : Moch Agus Slamet, SE, MM Wapemred menaramadinah.com.

Enceng gondok banyak tumbuh liar di dalam kolam wisata alam.Hal ini di sampaikan penulis yang juga selaku wakil ketua himpunan pengusaha pribumi Indonesia,Jawa Timur di siang hari ini usai menjalankan sholat duhur berjama,ah.

Pemaparan dari mitra usaha yang bergerak dalam bidang wisata,tersampaikan bahwa ada banyak tumbuh liar enceng gondok di dalam kolam yang keberadaan jauh dari perawatan.

Tumbuh liarnya enceng gondok menjadikan pemikiran baru,ketika kolam itu akan di tata dan di benahi,harus di buang kemana enceng gondok sebanyak itu.Pengusaha pupuk yang di fermentasi,informasinya juga menggunakan bahan termasuk enceng gondok juga.Berkaitan dengan hal tersebut mulai di utak atik anggota asosiasinya yang mungkin bergerak di usaha pupuk yang memerlukan salah satu bahannya dari enceng gondok.

Pelaku usaha harus jeli,ketika mendapati sesuatu yang garis akhirnya harus di buang,manakala ternyata barang tersebut bisa di manfaatkan oleh fihak lain kenapa tidak di manfaatkan saja.Bagaimana tanggapan anda.?