Kampung Arab Di Kelurahan Panjunan Bakal Jadi Desinasi Wisata Baru Kota Cirebon

Cirebon – menara madinah.com
Kawasan Kelurahan Panjunan, Kecamatan Lemahwungkuk, Kota Cirebon, Jawa Barat, sebentar lagi akan disiapkan menjadi destinasi wisata Kampung Arab, di tahun 2023 kawasan tersebut akan didirikan sejumlah klaster seperti budaya, religi, oleh oleh hingga kuliner melalui pembangunan fisik dan non fisik.

Program tersebut akan masuk kategori prioritas Pemda Kota Cirebon, dengan melibatkan tiga RW, yakni di RW 4, RW 5, dan RW 8 di Kelurahan Panjunan.

Kawasan tersebut telah lama dikenal sebagai tujuan wisata religi yang kental dengan sejarah seperti terdapat Masjid Merah Panjunan. Diketahui, desain Masjid Panjunan memang terbilang unik karena terdapat pengaruh bangsa Arab dan Tionghoa selain itu ada juga Situs Pangeran Pekarungan yang konon dalam sejarah beliau masih saudara kandung dengan Pangeran Panjunan.

Salah satu tokoh masyarakat setempat, Kang isnen berharap program ini bukan hanya untuk untuk melestarikan apa yang sudah ada sejak dulu, tetapi juga menggerakkan ekonomi agar lebih tumbuh, salah satu contoh wisata kuliner di daerah kami memiliki potensi luar biasa selain wisata religi dan sejarah. Salah satunya ialah membuat paket wisata yang menawarkan pengalaman. Tidak hanya berbelanja, tapi juga proses pembuatannya sehingga menjadi suatu paket seni dan budaya sekaligus,”

Kami pun berharap saat destinasi wisata tersebut terwujud para wisatawan dapat menikmati di lingkungan perkampungan juga, bukan sekedar berbelanja di pertokoan nya saja judulnya saja wisata kampung arab.

Dengan seperti itu masyarakat dapat merasakan dengan adanya program wisata tersebut, karena yang kami inginkan masyarakat bukan hanya sebagai penikmat saja namun bisa sebagai pelaku usaha ekonomi. Ungkapnya (hsn)