Kegiatan Kaji Banding Pendampingan Rumah Sakit Program USAID MOMENTUM di RSUD Sidoarjo, Jawa Timur

Sudoarjo-menaramadinah.com-USAID MOMENTUM memfasilitasi kegiatan Kaji Banding atau Benchmarking di RSUD Sidoarjo, Jawa Timur, yang diikuti oleh perwakilan dari tiga Rumah Sakit di Provinsi NTT yaitu RSUD Johannes, RSUD TC Hillers dan RSUD Umbu Rara Meha.

Kegiatan ini telah dilakukan pada tanggal 6-7 Oktober 2022, dibuka oleh Direktur RSUD Sidoarjo, dr Atok Irawan, SpP dan Chief of Party USAID MOMENTUM, Djoko Sutikno. Kegiatan selama dua hari ini dipandu penuh oleh 2 tim mentor, tim pencegahan infeksi, tim QI dan didukung oleh Direktur RSUD Sidoarjo.

Kegiatan hari pertama dibuka oleh Direktur RSUD Sidoarjo, dr Atok Irawan, SpP , dan dilanjutkan dengan pemaparan tentang Pelayanan Kesehatan Ibu dan Anak di RSUD Sidoarjo. Selanjutnya pemaparan tentang kegiatan pendampingan RS (Hospital Mentoring) oleh wakil direktur RSUD Sidoarjo, Wasis Nupikso, Sp.OG. Hadir juga dalam kesempatan ini Satgas PENAKIB (Forum Penurunan Kematian ibu dan bayi baru lahir) Dr. Budi Pamungkas SpOG dan menyampaikan presentasi tentang Upaya Penurunan AKI AKB dan Rencana Kerja PENAKIB di Jawa Timur.

Hospital tour dilakukan ke seluruh ruangan di RSUD Sidoarjo dengan fokus pada pelayanan gawat darurat maternal dan neonatal, ruang perinatal, ruang ICU, ruang bersalin dan CSSD dan dilanjutkan dengan diskusi kelompok untuk masing-masing Rumah Sakit NTT. Selama diskusi kelompok, peserta menunjukkan respon positif, dan keinginan untuk melakukan perubahan di rumah sakit masing-masing. Hospital tour dan hasil dari diskusi kelompok menjadi materi diskusi untuk hari kedua. Pada kegiatan hari kedua seluruh peserta dibagi menjadi lima kelompok yaitu kelompok manajemen rumah sakit, kelompok ibu, kelompok bayi baru lahir, kelompok sistem rujukan dan kelompok tenaga elektro medik. Diskusi ini menghasilkan pemahaman yang lebih baik tentang kualitas pelayanan kesehatan ibu dan bayi baru lahir. Di akhir hari kedua, masing-masing rumah sakit di NTT membuat rencana tindak lanjut dan mengisi kuesioner paska kaji banding.

Direktur RSUD WZ Johannes, Dr Mindo Sinaga, mewakili ketiga rumah sakit di NTT mengucapkan terima kasih kepada direktur dan jajaran RSUD Sidoarjo atas kegiatan study banding pengembangan pelayanan kesehatan ibu dan anak, dan berharap dapat melaksanakan perubahan di masing-masing rumah sakit. Dr. Mindo juga mengucapkan terima kasih kepada USAID MOMENTUM yang telah memfasilitasi kegiatan ini.

Husnu Mufid