Makam Kanjeng Ratu Mas Hadi

 

Kanjeng Ratu Mas Hadi adalah Permaisuri dari Panembahan Hadi Prabu Hanyokrowati, Raja Mataram II. Kanjeng Ratu Mas Hadi terlahir dengan nama Bandara Raden Adjeng Dyah Banowati. Berikut ini laporan Muhammad Agung Wibowo :

 

Beliau adalah Canggah Sunan Kalijaga dan Cucu Sultan Hadiwijaya dari Putranya yaitu Pangeran Benowo. Dari pernikahannya dengan Sunan Hadi Prabu hanyokrowati menurunkan :
1. Raden Mas Djatmiko atau Pangeran Rangsang setelah menjadi raja Mataram bernama Sultan Agung Hanyokrokusumo berkedaton di Nagari Kerto
2. Raden Ajeng Walik atau Ratu Mas Pandansari menikah dengan Pangeran Pekik di Surabaya.
3. Raden Ajeng Tulak atau Ratu Sekar menikah I dengan Adipati Pragola Pati II setelah suami meninggal menikah lagi yang II dengan Pangeran Ronggo Pati III
4. Raden Mas Sanjoyo atau Pangeran Adipati Pamenang.

Setelah Sunan Hanyokrowati meninggal, Sultan Agung menikahkan lagi Kanjeng Ratu Mas Hadi dengan Pangeran Juminah ( adik Sunan Hanyokrowati ) kemudian Pangeran Juminah diberi gelar Panembahan Juminah. Dari pernikahan dengan Panembahan Juminah menurunkan :
1. Raden Ayu Djurumayem menikah dengan Panembahan Jurumayem
2. Pangeran Adipati Balitar,beliau menurunkan Pangeran Tg Balitar Tumapel III yang dimakamkan di Kuncen Madiun, kemudian P. Tg. Blitar Tumapel III menurunkan P. Arya Blitar IV dimakamkan di astana Nitikan yogya.P.Arya Balitar IV menurunkan Raden Ayu Puger Garwa Sunan Pakubuwana I Kartasura yang menurunkan Sunan Amangkurat IV.
3. Raden Haryo Suroloyo
4. Raden Ayu Kajoran menikah dengan Pangeran Kajoran menurunkan Putri yang kelak menjadi Istri Amangkurat I dan menurunkan Sunan Pakubuwana I

Sebagai Penghormatan kepada Ibunda, Oleh Sultan Agung Hanyokrokusumo Setelah wafat Kanjeng Ratu Mas Hadi dimakamkan di Astana Giriloyo berdampingan satu lokasi dengan suami keduanya yaitu Panembahan Juminah.

Robbi Fanfa’na Bibarkatihim..
#JejakSejarahMataram