Lagi, 21 Santri Baru Tahfidz Qur’an Dikukuhkan di Masjid Baabur Rizqi Daya Makassar

 

Makassar ,MenaraMadinah.Com-Sebanyak 21 santri baru dikukuhkan dalam Acara Pengukuhan Santri Tahfidzul Qur’an Ghirroh masjid Baabur Rizqi , komplek pasar niaga Daya Biringkanaya Makassar ( Jumat, 29/7/2022).

Adapun rangkaian Acara melibatkan berbagai unsur baik para Pengurus Masjid, Pembina serta Pengasuh Program Tahfidz Qur’an. Disempurnakan dengan prosesi pengukuhan dan Ikrar serta Tata Tertib Santri Tahfidz AlQur’an Ghirroh Makassar.

Inilah rangkaian acaranya :

Acara Pengukuhan SANTRI TAHFIDZUL QUR’AN “GHIRO” Masjid Baabur Rizqy Daya di Pasar Pusat Niaga Daya dengan rangkaian acara,
1. Pembukaan Protokol. Oleh Daeng Kadir Dari Gowa
2. Pembacaan Ayat Suci Al-Qur’an.
Oleh Andi Agil (Santri)
3. Sepata kata Pembina Utama Tahfidz Al-Qur’an “GHIRO”. Oleh Ustadz Aslam Muis
4. Pengukuhan sekaligus penyerahan Ikrar dan Tata Tertib Santri Tahfidz Al-Qur’an GHIRO.
5. Pembacaan QS. Yasin. Oleh Ustadz Ardy ansa. Imam Masjid BAABUR RESKI DAYA.
6. Dzikir, shalawatan dan Doa. Oleh Ustadz Aslam.
7. Penutup.

Ketua Pengurus Masjid Baabur Rizqi , Drs H Burhanuddin B, MA yang juga perintis Program Tahfidz Qur’an Ghirroh menjelaskan, sebanyak 21 santri baru diterima untuk mengikuti program mondok tahfizdul Qur’an di sini. Mereka berasal dari keluarga muslim di Biringkanaya , Makassar dan sekitarnya.

Ada pesan khusus kepada para santri, 3 hal yang harus diperhatikan yaitu Memperbanyak membaca alQuran, Muroja’ah dan Menghafal.

Drs H Burhanuddin B MA juga berpesan , jadikanlah AlQuran sebagai pedoman hidup, bukan hanya dibaca tetapi seharusnya AlQuran dihadikan sebagai Akhlak”, tandasnya.

Dosen senior Filsafat Agama di STAI AlGazali Barru dan Dosen Ekonomi di UIN Makassar ini juga mengisahkan, ketika Aisyah r.a ditanya oleh sahabat ,Ya Aisyah bagaimana Akhlak Rosululloh ? Aisyah menjawab kalau mau melihat Akhlak Rosululloh maka lihatlah AlQuran. Karena sesungguhnya Rosululloh Muhammad SAW itu adalah ibarat AlQuran yang berjalan “, terangnya.

Pesan berikutnya , Para santri tunduk dan taatlah selalu pada kedua orangtuamu. Ingat ridho Alloh terletak pada ridho orang tua , murka Alloh tergantung murka kedua orang tua. makanya Alloh SWT memerintahkan kita untuk mentaati perintah orang tua.

Program Tahfidz Qur’an yang dirintis para Pengurus Masjid Baabur Rizqi ini mendapat respon positif dari masyarakat , terutama yang merindukan adanya pondok Tahfidz Qur’an.

Orang tua santri sangat bersyukur dengan adanya Tahfidz Qur’an di Daya ini . Karena menurutnya tidak ada Tahfidz Qur’an disekitaran Daya.

Ada yang mengatakan bahwa Pengurus masjid BAABUR RESKI DAYA Sekarang ini luar biasa karena berbagai kegiatan yang dia munculkan semuanya adalah merupakan kebutuhan masyarakat/jama’ah khususnya jama’ah disekitar masjid BAABUR RESKI DAYA

Ada juga yang hanya menitip doa panjang umur kepada seluruh pengurus Masjid BAABUR RESKI DAYA khususnya kepada ketua pengurus Bpk. Drs. H. Burhanuddin B. MA.

SamAdiYuda/boer77