SD MUHAMMADIYAH 01 TANGGUL KEREN, Kepala Sekolahnya Raih Gelar Doktor Manajemen Pendidikan.

Jember, 26 Juni 2022. MenaraMadinah.com
SD Muhammadiyah dan sekolah Muhammadiyah di Kabupaten Jember patut berbangga. Kepala SD Muhammadiyah 01 Tanggul (Muhita) Jember Muh. Burhanudin Harahap berhasil meraih gelar doktor berkat disertasinya berjudul “Pengembangan Sumber Daya Manusia (PSDM) Dalam meningkatkan Kinerja Tenaga Pendidik (Studi Multi Situs di SD Muhammadiyah 1 Jember dan SD Al Baitul Amien 1 Jember)”.

Acara pengukuhan Doktor Burhanudin Harahap dihadiri keluarga besar SD Muhita Tanggul, ketua Majelis Dikdasmen PCM Tanggul Suprianto,SPd bersama jajaran, ketua PCM Mohammad Nasir, SIP dan sejumlah anggota Pimpinan Cabang Muhammadiyah Tanggul.

Kepala SD Muhita Jember mempertahankan disertasinya secara terbuka di Gedung X CPD Ruang Auditorium lantai 9 Pascasarjana Universitas Negeri Surabaya, Kampus Lidah Wetan, Surabaya. Selasa,21.06.2022 dihadapan penguji utama dalam sidang yaitu Direktur Pasca Sarjana Unesa Prof Dr Wasis MSi.

Burhanudin Harahap kepada jurnalis MenaraMadinah.com mengatakan dua (2) sekolah dasar yang ditelitinya yaitu SD Muhammadiyah 1 Jember dan SD Al Baitul Amien 1 Jember merupakan sekolah swasta Islam memiliki prestasi sangat membanggakan yang menjadi keunggulan serta keunikan keduanya. Lebih lanjut Burhanudin Harahap menyampaikan bahwa adanya prestasi yang baik pada kedua sekolah, pasti didalamnya terdapat SDM tenaga pendidik yang baik sebagai pengelola di sekolah itu sehingga saya tertarik mengetahui bagaimana sekolah tersebut mengembangkan SDM tenaga pendidiknya. Ungkap Burhanudin Harahap.

Burhanudin Harahap menambahkan bahwa sekolah yang ditelitinya memiliki kesamaan, keduanya adalah lembaga pendidikan dasar dengan latar belakang sebagai sekolah Islam yang dikelola mandiri oleh yayasan.
Dari hasil penelitian didapatkan konsep, implementasi dan implikasi PSDM dalam meningkatkan kinerja tenaga pendidik disekolah dasar untuk menjawab rumusan masalah dari penelitian itu.

Kesimpulan penelitian yaitu Konsep PSDM dalam meningkatkan kinerja tenaga pendidik pada sekolah dasar adalah konsep learning (pembelajaran), progresitas (pertumbuhan), kinerja, efektifitas dan inovatif.

Implementasi PSDM dalam meningkatkan kinerja tenaga pendidik disekolah dasar adalah program studi lanjut, penyetaraan atau linierisasi pendidikan, studi banding, magang guru, pengembangan pengetahuan keterampilan dan pembinaan sikap yang meliputi bimbingan dan penyuluhan, pendidikan dan pelatihan, latihan terstruktur, demonstrasi, kursus, workshop, seminar, pembinaan sikap spiritual.

Pedelegasian tugas, serta rotasi jabatan. PSDM tenaga pendidik di sekolah dasar memiliki implikasi terhadap peningkatan kompetensi tenaga pendidik dan prestasi sekolah. Ungkap Burhanudin Harahap

Terkait komitmen kinerja dan peran pendidik yang mulai digantikan teknologi, Burhanudin Harahap menjelaskan bahwa pendidik yang baik adalah pendidik yang memiliki komitmen tinggi serta kinerja baik, yang ditandai dengan kompetensi bagus dan profesional dalam menjalankan tugasnya. Meskipun saat ini teknologi semakin canggih, peran pendidik tidak akan bisa digantikan oleh teknologi, karena dalam pendidikan tugas pendidik adalah mengembangkan karakter siswa melalui contoh dan ketauladanan. Pungkas Burhanudin Harahap.

Selaku penguji utama, Prof.DR.Wasis MSi dalam sesi tanggapan mengapresiasi pada peneliti. Menurut beliau, apa yang sudah dilakukan oleh peneliti menempuh perkuliahan jenjang S3 ini merupakan sebuah keberhasilan yang sangat luar biasa, beliau salut dengan kegigihan peneliti sebagai guru SD mampu menyelesaikan pendidikan sampai jenjang S3, padahal tagihan bagi seorang pendidik di SD yang seharusnya tidak sampai ke tahapan S3 namun peneliti melampuinya.

Prof.DR.Wasis,MSi juga menyampaikan bahwa peneliti adalah Doktor pertama lulusan unesa yang menjabat sebagai kepala sekolah dasar. Ungkapnya.

Jurnalis : Lukman Hakim