Workshop AMB Komunitas Padhang Njingglang

 

Oleh: Anang Prasetyo.

Assalamuallaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

Salam Sejahtera untuk kita semua.

Saya ucapkan terima kasih kepada para panitia, tamu undangan dan juga awak media yang telah hadir pada pagi hari ini, di Joglo Sendang Kamulyan art Space untuk mengikuti acara konferensi pers tentang Workshop Aktivasi Mmemori Bahagia.
Perkenalkan, saya Anang Prasetyo selaku pembina komunitas seni Padhang Jingglang atau KOMPAN.

KOMPAN atau biasa di sebut komunitas Padhang Jingglang ini merupakan komunitas gabungan dari Trenggalek yang berdiri sejak tahun 2008.

Komunitas seni padhang Jingglang ini berdiri atas dasar keresahan hati saya karena melihat anak-anak yang hampir 24 jam bermain gadget dan game online. Sehingga, melihat fenomena tersebut, muncul ide saya untuk membuat Komunitas padhang Jingglang yang bertujuan untuk mengasah kreativitas anak, terutama dalam bermain sekaligus belajar melalui permainan tradisional.
KOMPAN memiliki berbagai macam kegiatan, salah satunya adalah WORKSHOP Aktivasi Memori Bahagia (AMB).

Pada tahun ini Workshop Aktivasi Memori Bahagia rencananya akan diselenggarakan pada hari Minggu tanggal 19 Juni 2022 yang bertempat di Joglo Sendang Kamulyan art space.
Pelaksanaan Workshop AMB (Aktivasi Memori Bahagia) ini sekaligus untuk open recruiment anggota KOMPAN pada tahun 2022 ini.

Nantinya dalam kegiatan workshop AMB ini, akan ada sebuah pelatihan menggambar alternatif yang membahagiakan para anak anak serta masyarakat umum, dengan metode BCMK (Bermain Cerita Menyanyi dan Kreasi).

Acara workshop ini mengambil ide bahagia dari seni rupa yaitu cara merefleksikan atau mengetahui diri sendiri melalui kegiatan melukis dan menggambar.

Hal ini juga sekaligus sebagai wadah untuk membuang energi negatif pada diri seseorang, serta untuk pemulihan diri dari sisi psikologis sehingga seseorang dapat menjadi pribdi yang lebih baik dari masa lalu.

Rencananya setelah workshop ini, kami akan menerjunkan para angoota KOMPAN yang terdiri dari santri, pelajar dan mahasiswa ke 33 desa di Kabupaten Tulungagung untuk membuat karya sesuai isi dari Workshop AMB ini.

Kemudian, beberapa hasil karya terbaik para anggota KOMPAN ini akan dipamerkan pada acara pameran tahunan kami yaitu Festival Padhang Jingglang, yang akan diadakan pada bulan November mendatang.

Selain itu, ke depannya saya selaku pemilik KOMPAN berharap karya seni anggota kami nantinya dapat diikut sertakan pada acara pameran Geleri Nasional Jakarta, dan juga kami berharap kami dapat mewujudkan mimpi kami untuk mendirikan Museum Kreativitas Pandang Jingglang yang berisi karya karya kami dan perpustakaan taman baca dimana terdapat hasil karya buku dari sanggar padhang jingglang.

Mungkin itu saja yang dapat saya sampaikan pada acara konferensi pers pagi ini, saya kembalikan kepada moderator. (WW)