Moment Wisuda Purna Siswa Smankar 2022, Lahirkan SDM Unggul dan Religius.

Lamongan, Menaramadinah.com. – Sebagai agenda rutin tahunan, SMA Negeri 1 Karangbinangun (Smankar) Lamongan, Jatim menggelar Wisuda Purna Siswa Kelas XII Tahun Pelajaran 2021/2022, Kamis (2/6/2022) lalu.

Berbeda dengan tahun 2021 lalu kegiatan wisuda itu dilaksanakan di Auditorium Smankar, namun tahun 2022 ini dihelat secara semi outdoor di Sprotorium Futsal sekaligus gedung parkiran kendaraan siswa yang dirasakan lebih luas.

Dari pantauan jurnalis MM, acara wisuda purnasiswa ini sangat meriah. Hadir pula Ketua Cabang Dinas Pendidikan wilayah Kab.Lamongan, Hidayat Rachman, S.Pd, MM Ketua Komite Sekolah Reto, S.Pd, Forkompimca (Camat, Danramil, Polsek), Undangan khusus ( Kepala SMP/ MTS ) orangtua atau wali siswa serta, guru serta peserta wisuda.

Kepala SMA Negeri 1 Karangbinangun, Drs. H. Ali Nurdin, M.Pd mengatakan wisuda purnasiswa bisa terselenggara karena kerja dan kolaborasi di dukung oleh orangtua dan wali siswa kelas XII.

Menurutnya, Smankar bersyukur dengan orangtua/ wali siswa yang memiliki kepedulian dengan pendidikan. Hal itu merupakan tahap mengejawantahkan ilmu yang harus dilanjutkan.

Sutaji, S.Pd, Ketua Panitia Wisuda dan ditegaskan oleh Waka Kesiswaan Khoirul Huda, S.Pd, M.Pd mengatakan, pada wisuda kali ini, semua siswa Kelas XII jurusan MIPA dan IPS yang berjumlah 284 anak dinyatakan lulus.

“Kami bersyukur pada tahun 2022 ini, meski disebut sebagai generasi pandemi Covid 19, lulusan Smankar masih banyak yang diterima melalui jalur SNMPTN. Semoga bekal ilmu yang diperoleh dapat bermanfaat untuk kesuksesan dunia akhirat kalian. Jadilah kader persyarikatan, kader ummat dan kader bangsa dimanapun nantinya ananda berada,” kata Waka Kesiswaan pada wartawan MM.

Sedangkan Kacabdin Wilayah Lamongan memberi tips pada wisudawan agar sukses, bab 4 point’ yakni kejujuran, amanah, piawai dalam berkomunikasi atau interaksi dan kemampuan inovasi.

“Alhamdulillah di Smankar selain belajar ilmu pengetahuan teknologi ananda wisudawan juga mendapatkan ilmu agama dan akhlak yang baik sebagai seorang muslim. Smankar benar-benar hebat!,” ujarnya.

Dari pantauan media ini, kekhidmatan proses wisuda membaur dengan rasa penuh haru, dimulai dengan kumandang syair Islami Al Banjari yang dikoordinasi Abah KH. Anwar, M.Ag, dilanjutkan pidato sambutan dari Wakil Wisudawan, wakil siswa, persembahan puisi perpisahan hikmah dan lagu religi dari Ananda Putri (salah satu wisudawan, red). Semua mengungkapkan betapa bangga dan bersyukurnya atas anugerah yang didapat selama tiga tahun menimba ilmu dan menjadi bagian dari SMA Negeri 1 Karangbinangun.

“Sebagai alumni, Insya Allah kita wisudawan akan tetap berbakti pada bapak) ibu guru, menjaga nama baik almamater dan orangtua,” kata Diva Firda Maya Utari, salah satu wisudawan berprestasi.
*DANAR SP*