Al-Qur’an Cahaya Kehidupan

Oleh : Yahya Aziz.
Sabtu 23-4-2022 kami menjadi imam & penceramah shalat isya tarawih Masjid Dipenogoro, masjid di tengah tengah perkantoran pusat kota jln. Raya Diponegoro Surabaya.

Kalau Shalat Jum’at jama’ah membludak sampai takmir masjid pasang terop di luar masjid.
Materi ceramah kami dengan tema Al-Qur’an CAHAYA KEHIDUPAN manusia. Inti materi ini saya ambil dari buku “Secercah CAHAYA ILAHI Hidup Bersama Al-Qur’an”, karya Prof. M. Quraish Shihab pakar tafsir ternama Indonesia.

Jika Anda bahagia, murah senyum, tidak punya musuh, merasa cukup, sabar, tenang tidak emosional Andalah hamba yang mendapatkan hidayah dari secercah cahaya Ilahi, Anda hidup dekat bersama Al-Qur’an.
Tapi jika Anda galau, resah, stres, depresi, merasa kurang terus, emosional terus, bisa jadi Anda jauh dari Al-Qur’an.

Jika Anda punya problem masalah anak, suami, istri STOP MENCACI. Pasrah kepada Allah, Dialah yang mampu merubah akhlaq nya.

Jika Anda dalam kondisi terpuruk masalah ekonomi, dekatilah Allah hanya Dia yang mampu memberi rizqi makan minum seluruh penduduk bumi.

Jika Anda sakit kritis disamping ihtiar kepada dokter, mintalah kesehatan kepada Allah, Dialah Dzat Maha Penyembuh segala macam penyakit.
Dan jika Anda sakit posisi KRITIS, mintalah KESEMBUHAN TOTAL untuk hidup. Karena nyawa manusia antara HIDUP MATI itu hanya milik Allah SWT.

Itulah Al-Qur’an Cahaya kehidupan manusia.
Firman Allah Assyuaro (26) : 78-81
الذى خلقنى فهو يهدين
1. “Dia yang menciptakan aku, dan Dia yang memberi petunjuk kepada ku” (26:78)
والذى هو يطعمنى ويسقين
2. “dan Dia yang Maha memberi makan dan minum” (26:79)
واذا مرضت فهو يشفين
3. “dan apabila aku sakit, Dia yang Maha Menyembuhkan” (26:80)
والذى يميتنى ثم يحيين
4. “Dia yang Maha Mematikan aku dan Maha Menghidupkan aku” (26:81)
Dan ada satu ayat lagi bentuk KEPASRAHAN TOTAL hanya kepada Allah apabila kita punya problem yang berat ( Pendidikan, ekonomi, kesehatan, keluarga).
Yakin hanya Allah yang mampu menyelesaikan masalah kita.
وافوض امرى إلى الله ان الله يصير بالعباد
“aku pasrah urusanku kepada Mu ya Allah, sesungguhnya Allah Maha melihat bagi hamba-Nya” (Ghofir 40:44)
Ayat ini (40:44) yang dibaca oleh bapak Dahlan Iskan dalam bukunya GANTI HATI, ketika operasi ganti hati di Tiongkok, logika kedokteran banyak pasien ketika operasi ganti hati meninggal, tapi beliau sampai sekarang masih hidup sehat.

Surat Asyuaro (26);78-91, surat Ghofir (40):44, Shalawat Tibbil qulub dan do’a Nabi Yunus saya baca terus ketika masa isolasi, masa kritis di ruang I C U.
Ketika masa Corona Cavid 19 saya masuk rumah sakit 20 Agustus -5 september 2021, dan lumpuh gak bisa jalan sampai Desember 2021.
Alhamdulillah berkah Do’a seluruh jamaah saya bisa keluar dari masa KRITIS dan sembuh.

Pelajaran Kehidupan dari kisah ini :
1. Jika Anda ingin mendapatkan Cahaya Ilahi dekatilah Allah dengan banyak membaca Al-Qur’an.
2. Bisa jadi Anda stres, depresi, cemas karena jauh dari Al-Qur’an.
3. Apapun problematika kehidupan Anda ( ekonomi, keluarga, kesehatan, Pendidikan) hanya Allah yang mampu menyelesaikan nya.
4. Dokter, vitamin, obat, vaksin itu hanya 30%, 70 % kesembuhan dari Allah.
5. Resep vitamin rohani dalam kehidupan sehari-hari yaitu S I P ( Sabar, Ikhlas, Pasrah )
6. Banyak orang mampu PUASA menahan tidak makan minum selama 20 jam, tapi banyak orang tidak mampu “PUASA TIDAK MENCACI ORANG”

Terima kasih Bapak Drs. Moh. Orian, Msc pengurus yayasan, Dr. Moh. Faizin seksi dakwah dan jama’ah masjid Diponegoro, Semoga Anda semua sehat panjang umur…
Barakallah…
“Dosen FTK UINSA, Pengasuh Majlis Taklim Miftahul Jannah, Penulis buku Taubatnya Peselingkuh, Kolumnis Menara Madinah Com”