Kegiatan Penanaman Harus Di Ikuti Dengan Pemeliharaannya.

Oleh : Moch Agus Slamet, SE, MM Wapemred menaramadinah.com.

Proses penanaman sebuah hal yang mudah,perawatan itu yang lebih utama.Hal ini di sampaikan penulis yang juga wakil ketua baladika karya bidang koperasi dan UKM Jawa Timur,seusai sholat duhur di teras masjid siang ini

Rasa prihatin dengan semakin gundulnya hutan di wilayah Blitar selatan, membuatnya sering bahu membahu dengan group pecinta lingkungan untuk sering menggelar penanaman bersama.Seiring perjalanan waktu,kadang terfikir olehnya tentang efektifitas penanaman yang di rasa akan sia sia adanya,manakala fungsi pemeliharaan tanaman tidak di indahkan.

Alahkan elok dan tepat sasarannya,manakala ada sekian hektar lahan yang gundul bisa di kelola secara serius, baik penanaman dan sekaligus pemeliharaannya bisa terjadwal dengan sporadis.

Kehadiran banyak bermunculan produk pupuk juga bisa sebagai solusi untuk demplot beberapa tanaman yang sudah di tanam sekaligus dalam rangka perawatan.

Faktor jenuh dan capek akan sangat mungkin terjadi di antara personil penggiat lingkungan kalau hanya terus giat bertanam tanpa tahu sampai sejauh mana progres dari hasil penanamannya. Bagaimana tanggapan anda.?