GELIAT KEGIATAN MGMP DI KABUPATEN KUNINGAN

Kuningan-menaramadinah.com-Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) di Kabupaten Kuningan pada semester 2 tahun pelajaran 2021/2022 mulai bangkit lagi.

Dari 5 Gugus di Kabupaten Kuningan yakni Gugus Kuningan mencakup 18 Sekolah, Gugus Ciawi mencakup 14 Sekolah, Gugus Luragung mencakup 17 Sekolah, Gugus Cilimus mencakup 12 sekolah dan Gugus Kadugede mencakup 17 Sekolah, memulai kegiatan MGMP di gugus masing-masing yang di awali tanggal 10 Maret 2022 dilanjutkan setiap seminggu sekali sebanyak 4 pertemuan di hari MGMP tiap Mata Pelajaran.

Khusus untuk Mata Pelajaran IPS, pada pertemuan kedua diisi dengan materi Penelitian Tindakan Kelas yang bertempat di Universitas Kuningan yang disampaikan Dr. Pupu Saeful Rahmat, M.Pd.
Kegiatan gabungan semua Gugus di Kabupaten Kuningan dengan gagasan MGMP Gugus Ciawi untuk kesamaan materi sehingga digabung agar kegiatan bisa berjalan dengan efektif.

Sementara untuk Gugus Kuningan, pada pertemuan ketiga direncanakan bertempat di SMPN 6 Kuningan yang merupakan gabungan 11 Mata Pelajaran, dengan penyampaian materi Pembinaan dari Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan dilanjutkan dengan materi oleh Pengawas.

Struktur Program MGMP, disesuaikan dengan struktur program dari MGMP Kabupaten dan disesuaikan pula dengan persiapan pembuatan produk untuk di pamerkan pada kegiatan EXPO di Bulan Juni dalam rangka menyambut Hari Pendidikan Nasional.

Melalui kegiatan MGMP ini, diharapkan kompetensi guru semakin meningkat yang akan berdampak pada Kinerja Guru serta hasil yang maksimal bisa diperoleh peserta didik dalam menyerap materi dalam situasi pembelajaran yang menarik dan mudah dipahami.

Tetty Maryati Menaramadinah.com