*SMKN 5 Jember ditetapkan sebagai SMK PK (Pusat Keunggulan)*

Jember-MenaraMadinah.com. 9 Maret 2022.
SMKN 5 Jember merupakan sekolah kejuruan terbaik se Indonesia, penerima penghargaan program revitalisasi SMK Pertanian kerjasama Indonesia – Belanda pada kompetensi keahlian pemuliaan dan pembenihan tanaman pada tahun 2018 – 2021.

Selain itu SMKN 5 Jember juga sebagai SMK Center of Excellent (COE) pada kompetensi keahlian pengolahan hasil pertanian tahun 2020 dan ditetapkan sebagai SMK Pusat Keunggulan (PK) pada tahun 2021 pada program keahlian Agriteknologi Pengolahan Hasil Pertanian oleh Dirjen Pendidikan Vokasi Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 22/D/O/2021.

Sutikno,SP.MM Kepala Tata Administrasi Sekolah kepada jurnalis Menara Madinah.com mengungkapkan dengan ditetapkannya SMKN 5 Jember sebagai SMK PK (Pusat Keunggulan) maka sarana belajar mengajar disesuaikan dengan standar industri. Adapun dampak ditetapkannya SMKN 5 Jember sebagai SMK PK ( Pusat Keunggulan) maka harus menyesuaikan dengan standar industri antara lain :
1. Kurikulum yang digunakan adalah kurikulum paradigma baru (Kurikulum Merdeka tahun 2022) dimana dalam kurikulum ini ada mata pelajaran baru yaitu Project Penguatan Profil Pelajar Pancasila dan Budaya Kerja (P5BK).

Adapun profil pelajar Pancasila meliputi :
– Beriman bertaqwa kepada Tuhan YME dan berakhlak mulia.
– Mandiri, Bernalar kritis
– Berkebhinekaan global
– Gotong royong, Kreatif.

Sedangkan penguatan budaya kerja dilaksanakan melalui kunjungan industri, magang di industri dan mendatangkan guru tamu dari industri.

2. Implementasi Link and super match diantaranya
– penyelarasan kurikulum berstandar industri dan mengacu pada kebutuhan dunia industri dan dunia kerja.
– Penyusunan bahan ajar, pembelajaran berbasis proyek dan sytem blok.
– Magang guru dan uji sertifikasi kompetensi di industri. Ungkap Sutikno.

Lebih lanjut Sutikno,SP.MM mengungkapkan bahwa pertanian implementasinya di lapangan dilaksanakan oleh seluruh program keahlian yang ada di SMKN 5 Jember. Program kurikulum yang sangat luar biasa ini akan bisa di laksanakan secara optimal maksimal jika ada daya dukung dari para pihak termasuk dari wali murid oleh wali murid. Pungkas Sutikno.

Jurnalis : Lukman Hakim