Ada Tiga Kubu HMI, PMII dan Santri Siap Ramaikan Pemilihan Ketua Umum PBNU di Muktamar NU Lampung 2021

Rembang-menaramadinah.com-Bursa calon Ketua PB NU di Muktamar NU Lampung cukup banyak dan semakin ketat. Generasi Pasca KH. Said Aqil Siraj bermunculan tokoh tokoh muda berlevel Nasional.

Diantaranya Gus Yahya Staquf, Gus Halmi Yahya dan  Mahfud MD. Gus Muhaimin Iskandar, Ali Madkur Musa, Nusron Wakhid, Gus Ulil Abshar Abdallah dan Gus Baha. Mereka layak menduduki orang nomor satu di PBNU.

Kandidat tersebut  terbagi dalam 3 kelompok yaitu Gus Yahya Staquf, Helmi Yahya, Mahfud MD berlatarbelakang HMI. Sedangkan Muhaimin Iskandar, Ali Maskur Musa dan Nusron Wakhid berlatar belakang PMII.

Rupanya calon dari kubu berlatarbelakang HMI dan PMII ini sudah bersaing. Hal ini dilihat dari komentar dibeberapa artikel media online menyebutkan adanya HMI dan PMII bersiap untuk merebut jabatan PBNU.

Hal tersebut dibenarkan oleh Nusron Wakhid terdapat isu persaingan HMI kubu Gus Yahya Cholil Staquf dan kubu PMII Gus Muhaimin Iskandar. “Biarkan mereka itu. Kalau saya dukun Gys Yahya Cholil Staquf,”ujar Nusron Wakhid Mantan Ketua GP Ansor.

Sementara  Gus Ulil Abshar Abdalla dan Gus Baha berlatar belakang pesantren tersebut,  dicalonkan para alumni santri di berbagai daerah Indonesia terus disuarakan. Karena ilmu agamanya cukup luas.

“Ya saya mendukung Gus Ulin dan Gus Baha yang layak memimpin PB NU kedepan. Keilmuan agamanya sangat tinggi,”ujar Drs. Muslimin , MPdI.

Hingga hari ini ketiga kubu tersebut mulai mempersiapkan diri. Karena sudah waktunya generasi baru memimpin PBNU.

Husnu Mufid