MENGHINDARI PRAKTIK JUAL BELI JABATAN BUPATI IPUK RENCANAKAN PROGRAM LELANG TERBUKA JABATAN

 

Banyuwangi, Menaramadinah.com-Di tengah-tengah kesibukan menjalankan tugas melaksanakan tupoksi-nya sebagai kepala daerah, Bupati Ipuk masih sudi melayani pertanyaan awak media terkait adanya kasus jual-beli jabatan di beberapa kabupaten/kota di tanah air.

Satu pernyataan Bupati yang belum genap setahun dilantik ini dengan tegas mengatakan bahwa “…saya pastikan tidak ada jual-beli jabatan di lingkungan ASN Kabupatan Banyuwangi. Saya akan memilih orang yang mau kerja bukan yang mau bayar”, Jumat (3/9/2021).

Saat ini pejabat struktural maupun pejabat fungsional di lingkungan Pemkab Banyuwangi banyak yang kosong karena pensiun. Beberapa pos penting di eselon II, III dan IV, yang masih diisi oleh pejabat Plt. Saat ini Bupati alumni IKIP Jakarta itu tengah mempersiapkan penataan OPD (organisasi Perangkat daearah) bersama-sama dengan tim Baperjakat. “…saya akan selektif mencari orang yang benar-benar bisa dipercaya”, ungkapnya.

Selanjutnya Bupati yang gemar bersepeda ini berjanji “…InsyaAllah bulan depan target penataan sudah kelar ya. Nama-nama calon pejabat yang akan diposisikan sudah kami kantongi, tinggal kami rapatkan dengan tim Baperjakat”, tambahnya.

Dalam kesempatan itu, Bupati Ipuk akan merencanakan menerapkan cara lelang jabatan atau promosi terbuka dalam mengisi jabatan yang kosong atau rotasi jabatan baik di struktural maupun fungsional tentunya, agar didapatkan pejabat berkualitas.

Kecuali itu akan menciptakan semangat berkompetisi yang sehat di antara ASN.
Ketahui beberapa pekan sebelum kejadian tangkap tangan oleh KPK praktik jual beli jabatan di lingkungan Pemkab Probolinggo yang melibatkan Bupati dan suami serta beberapa pejabat yang tersangkut, di Banyuwangi ada info beberapa dugaan pernah terjadi praktik yang sama yang diunggah oleh media online. Karena tidak didukung bukti kuat yang akurat, berita miring itu hanya angin lalu, tidak ada respon serius dari para pihak.

Semoga Banyuwangi tetap terbaik dalam menjalankan pemerintahan yang kredibel, bersih dan berwibawa. Dan sudah terbukti berkali-kali Pemerintah Banyuwangi menerima penghargaan nasional dalam penyelenggaraan pemerintahan.
MR, jurnalis citizen menaramadinah.com