Selamat Hari Purbakala 14 Juni 2021 BM Kosgoro 1957 Kota Cirebon

Cirebon – Tanggal 14 Juni dinyatakan sebagai Hari Purbakala Nasional. Sehubungan dengan hal tersebut hari ini, 14 Juni 2021 adalah momen untuk memperingati Hari Purbakala.

 

Adapun dasar dari penentuan Hari Purbakala Nasional tersebut adalah tanggal 14 Juni 1913, yang bertepatan dengan peristiwa ketika Oudheidkundige Dienstsecara resmi didirikan oleh Pemerintah Hindia-Belanda untuk menggantikan badan sementara yang dibentuk tahun 1901 dengan nama Commissie in Nederlandsche-India voor oudheidkundig op Java en Madoera.

Peringatan Hari Purbakala adalah peristiwa penting tentang lahirnya lembaga induk di bidang kepurbakalaan yang menjadi akar dari lembaga yang menjalankan fungsi sama pada saat ini.

Di Kota Cirebon sendiri memiliki banyak peninggalan purbalaka, yang harus dilindungi, dijaga kelestarian dan keasliannya seperti yang di amanatkan oleh Undang Undang Nomor 11 Tahun 2010 tentang Cagar Budaya.

Diharapkan dengan Peringatan Hari Purbakala ini masyarakat dan generasi muda semakin memiliki kepedulian untuk merawat dan menjaga warisan tersebut. (isi)