Pemilihan Duta Berencana dilaksanakan secara ofline dan virtual.

Jember -menaramadinah.com Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak dan Keluarga Berencana (DP3AKB) Kabupaten Jember melaksanakan pemilihan Duta Generasi Berencana (Genre) dan Pengukuhan Bunda Genre tingkat Kecamatan.

 

Acara yang berlangsung di Pendopo Wahyawibawagraha tersebut, Sabtu (05/06/2021) dilaksanakan secara terbatas secara offline dan virtual serta telah menerapkan protokol kesehatan.

Plt. Kepala DP3AKB Jember, Drs. Suprihandoko menyampaikan, pemilihan Finalis Duta Genre ini telah dilaksanakan mulai tanggal 04 Mei hingga 27 Mei 2021 dengan total peserta 62 orang dari 31 Kecamatan yang ikut

“Dari penyaringan tersebut, terpilih 10 orang finalis yang pada acara ini akan diseleksi lagi oleh dewan juri untuk menentukan 3 juara baik putra maupun putri,” kata Suprihandoko dalam laporannya.

Suprihandoko melanjutkan, ketiga juara yang terpilih nantinya akan diikutsertakan pada kompetisi Genre tingkat Provinsi Jawa Timur yang akan dilaksanakan pada 17 Juni 2021 mendatang.

Selain itu, Duta Genre yang terpilih serta Bunda Genre yang dikukuhkan nantinya diharapkan menjadi agen perubahan dalam membantu Pemkab Jember menurunkan tingkat Angka Kematian Ibu dan Angka Kematian Bayi (AKI-AKB) dan Stunting.

Acara puncak pemilihan Duta Genre hari ini, masing-masing finalis mengikuti tanya jawab secara cepat materi seputar Genre dan wawasan kebangsaan.

Materi penilaian pada acara final ini meliputi tingkah laku (behavior), penguasaan panggung, berbicara di depan umum (public speaking), mental, kesesuaian isi materi, wawasan tentang Genre, ketepatan waktu menjawab dan teknik penyampaian.

Dewan juri yang terlibat di antaranya Riza Wahyu Utama, Nanang Muhammad Ma’ruf, Nuris Fatahillah. Adapun pemenang yang terpilih sebagai Duta Genre tahun 2021 Kabupaten Jember sebagai berikut :

Juara 3. Muhammad Hifni Widaryanto dari PIK-R Al Kholifah Kecamatan Sumberjamber
Viona Madya dari PIK-R SMK PGRI 5 Kecamatan Kencong.

Juara 2. Iqbal Eka Ramadhani dari PIK-R Argopuro Kecamatan Jelbuk (Putra)
Galih Sekar Langit dari PIK-R Jendela Kecamatan Kaliwates (Putri).

Juara 1. Teguh Andi dari PIK-R Tunas Harapan Kecamatan Sukowono (Putra)
Izza Berlian dari PIK-R Kemuning Kecamatan Mumbulsari (Putri)

Acara juga diisi dengan pengukuhan 31 Bunda Genre tingkat Kecamatan oleh Ketua Bunda Genre Kabupaten Jember Dra. Hj. Kasih Fajarini didampingi Wakilnya Hj. Ervita Afdila Sari.

Kepada para pemenang Duta Genre, Bunda Genre Kabupaten Jember Dra. Hj. Kasih Fajarini berpesan untuk belajar lebih giat lagi ke depannya untuk mengikuti tantangan selanjutnya pada kompetisi Genre tingkat Provinsi Jawa Timur.

“Anak-anakku yang telah terpilih sebagai Duta Genre tahun 2021 Kabupaten Jember ini, harus lebih giat lagi belajarnya karena tadi saya mendapati beberapa soal dari dewan juri belum bisa dijawab, agar bisa terpilih juara 1 pada lomba di Provinsi nantinya sesuai harapan kita semua, silakan Bapak Suprihandoko (Plt. DP3AKB) untuk mendampingi anak-anak kita. Jangan malu untuk bertanya,” ungkap Bunda Fajarini.

Selain itu, Bunda Fajarini juga berjanji akan mendampingi langsung pada Duta Genre dalam kompetisi tingkat Provinsi. Dia juga berharap tidak hanya juara tingkat Provinsi, namun juga dapat meraih juara tingkat nasional ke depannya.

“Dan tak lupa saya sampaikan kepada kalian anak-anakku baik yang terpilih juara pada hari ini maupun yang belum terpilih untuk menjadi agen perubahan dalam menurunkan AKI-AKB, menurunkan Stunting serta kalian lah semuanya harapan kami di masa depan, kalian lah generasi emas Indonesia,” pesannya(konsorsiun

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *