Sambut Hari Lahir Pancasila, FPK Kupas Kandungan Pancasila dalam Obyek Pemajuan Kebudayaan

 

Jatim-menaramadinah.com-Dalam rangka menyambut Hari Lahir Pancasila 1 Juni 2021, FPK (Forum Pamong Kebudayaan) Jatim gelar diskusi budaya dengan tema Menakar Kandungan Pancasila Dalam Obyek Pemajuan Kebudayaan di Rumah Budaya Saraswati Minggu 30 Mei 2021 kemarin.

Diskusi tersebut  diikuti para seniman dan budayawan sejati dan topmdari Surabaya, Gresik, Malang, Batu, Mojokerto, Probolinggo, Blitar, Pasuruan dan Sidoarjo ini juga dihadiri akademisi DR. Autar Abdillah dari Universitas Negeri Surabaya (Unesa) dan DR. Eko Suwargono dari Universitas Jember (Unej).

Ki Maryani Gathot dari Blitar pembicara tunggal mengupas tentang kandungan Pancasila yang ada dalam 10 Obyek Pemajuan Kebudayaan (OPK) sesuai dengan UU No. 5 / 2017 tentang Pemajuan Kebudayaan.

Sedangkan Ki Bagong Sabdo Sinukarto Ketua FPK Jatim menjelaskan jika acara ini digelar sebagai bentuk pendalaman rasa cinta kepada Pancasila sebagai falsafa bangsa dan dasar negara.

Usai acara dilanjut ke Candi Belahan / Sumber Tetek dengan menggelar Macapat dan Tari Religi oleh beberapa penari dari Malang, Surabaya dan beberapa mahasiswa Fakultas Budaya Unesa. Acara memang benar benar hebat.

Husnu Mufid

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *