Kontingen Atlet NPCI Jember Menuju Pekan Paralimpik Jatim 1 2021

 

Jember-menaramadinah.com-National Paralympic Committee Indonesia Kabupaten Jember atau yang lebih lazim dikenal dengan NPC Jember adalah organisasi yang menjadi wadah atlet difabel untuk mengembangkan bakat dan minatnya dalam dunia olahraga. NPC Jember lahir dari embrio Yayasan Pembina Olahraga Cacata (YPOC) yang didirikan pada tanggal 31 Oktober 1962 di Surakarta.

Perubahan nomenklatur dari YPOC menjadi NPC melewati beberapa fase pemahaman dan diskursus dialektis yang kemudian pada tahun 2008 tepatnya pada momentum Musyawarah Olahraga Nasional BPOC Indonesia ke – X, atas saran Menteri Pemuda dan Olahraga RI serta untuk mengikuti aturan Paralympic Committee pada tataran regional dan internasional, kemudian dipandang perlu untuk meningkatkan kedudukan BPOC Indonesia menjadi National Paralympic Committee Indonesia (NPCI) hingga secara resmi pada tahun 2010, nama National Paralympic Committee Indonesia (NPCI) resmi digunakan hingga sekarang.

Pada bulan Maret tahun 2020, dunia dilanda pandemi Coronavirus Disease 2019 (COVID-19) yang pertama kali muncul di Kota Wuhan, Tiongkok. Tingkat penyebaran virus yang sangat masif menyebabkan situasi dan kondisi di seluruh bagian dunia mengalami pergolakan, baik dari aspek ekonomi hingga pertahanan dan keamanan negara. Manusia hidup dalam situasi pandemi COVID-19 yang mengharuskan agar menerapkan beberapa aturan hidup baru (new normal rules) sehingga aktivitas – aktivitas yang bersifat sosial dibatasi. Olahraga menjadi salah satu aktivitas sosial yang kemudian dibatasi dalam pelaksanaannya, kecuali olahraga pribadi. Tentu saja, pandemi ini berimbas pada pembatasan kegiatan yang dapat menimbulkan keramaian dan kerumunan.

Pada penghujung tahun 2020, berdasarkan informasi dari NPCI Jawa Timur dalam beberapa kesempatan pertemuan baik dalam agenda yang sifatnya pendidikan, pelatihan maupun kegiatan rapat sejenis bersepakat untuk melaksanakan Pekan Paralimpik Provinsi Jawa Timur ke-I pada tahun 2021 (PEPARPROV JATIM I 2021). Kegiatan tersebut menjadi “angin segar” bagi atlet disabilitas yang tersebar di Jawa Timur untuk kembali berkompetisi, mengembangkan skill dan menambah jam terbang serta menjalin relasi dengan atlet se Jawa Timur.

NPCI Kabupaten Jember kemudian berusaha serius dan semaksimal mungkin dalam persiapan PEPARPROV JATIM I ini. Pada akhir bulan Maret tepatnya tanggal 28 Maret 2021, NPCI Jember mengadakan kegiatan pemusatan latihan (training centre) yang dilakukan rutin selama 3 (tiga) kali dalam setiap minggunya bertempat di Jember Sport Garden Stadium, Kecamatan Ajung – Jember.

Minggu, 28 Maret 2021 adalah hari pertama dilaksanakannya pemusatan latihan. Pada sesi TC pertama ini, atlet disabilitas Jember yang mengikuti kegiatan TC sebanyak 17 orang dengan klasifikasi disabilitas yang beragam. Mulai dari ragam disabilitas daksa, rungu wicara, netra, dan cerebral palsy ikut dalam agenda TC ini. Antusiasme atlet disabilitas Jember juga mendapat dukungan positif dari berbagai elemen masyarakat dan komunitas yang ada di Kabupaten Jember. Hal itu dibuktikan dengan adanya donatur yang rutin memberikan dukungan baik dalam beragam bentuk seperti asupan gizi atlet, finansial dan dukungan spiritual.
Jum’at, 2 April 2021 – antusias atlet disabilitas yang berlatih masih membara. Melihat situasi tersebut kemudian, Pengurus NPCI Jember melakukan peningkatan kualitas latihan dengan melibatkan pelatih yang profesional dalam bidangnya dalam rangka pengembangan skill dan mental para atlet. Meskipun dengan segala kekurangan dari segi sarana dan prasarana yang dimiliki, tak mengurangi rasa semangat para atlet disabilitas dalam mengikuti sesi pemusatan latihan ini.

Sebagai bentuk ikhtiar dalam mencegah penyebaran COVID-19, Pengurus NPCI Jember kemudian berkoordinasi dengan Dinas Kesehatan Kabupaten Jember dan Pemerintah Daerah Kabupaten Jember untuk melakukan vaksinasi kepada segenap atlet disabilitas, tim pelatih dan ofisial yang terlibat dalam kegiatan pemusatan latihan. Tercatat sejumlah 42 orang yang terdiri atas atlet, tim pelatih dan ofisial yang melaksanakan vaksinasi secara bertahap di Puskesmas Kaliwates.

Kegiatan pemusatan latihan juga berlangsung selama bulan Ramadhan. Terhitung 9 (sembilan) kali kegiatan pemusatan latihan dilaksanakan dalam situasi Atlet yang berpuasa. Sejak tanggal 18 April 2021 sampai 7 Mei 2021, atlet difabel Jember mengikuti kegiatan pemusatan latihan selama bulan Ramadhan.

Mengingat jumlah atlet yang mengikuti kegiatan pemusatan latihan berjumlah sekitar 39 Atlet. Tim pelatih dan ofisial kemudian melakukan seleksi atlet yang akan masuk dalam Kontingen dan nantinya akan menjadi perwakilan NPCI Jember dalam gelaran PEPARPROV JATIM KE-I Tahun 2021 di Surabaya. Pada 3 (tiga) kesempatan terakhir sebelum pemusatan latihan selesai, Tim Ofisial dan Pelatih mengumumkan 20 atlet yang akan menjadi Kontingen NPCI Jember ke PEPARPROV JATIM.

20 atlet disabilitas tersebut terdiri dari 18 Atlet yang akan berkompetisi di PEPARPROV JATIM dan 2 atlet yang akan mengikuti seleksi atlet untuk persiapan PEPARNAS PAPUA. 18 atlet yang akan berkompetisi di PEPARPROV JATIM turun di 3 (tiga) cabang olahraga yaitu Atletik, Bulu Tangkis dan Tenis Meja dari 4 (empat) cabor yang diperlombakan.

Sementara itu, 2 (dua) atlet yang akan mengikuti seleksi untuk persiapan PEPARNAS PAPUA terdiri atas 1 atlet sepak bola cerebral palsy (CP) dan 1 atlet bulu tangkis kretin.

Pasca libur lebaran Idul Fitri 2021 tepatnya tanggal 15 Mei – 18 Mei 2021, NPCI Jember mengadakan karantina bagi kontingen atlet yang akan berkompetisi di PEPARPROV JATIM. Semua atlet yang tergabung dalam kontingen mengikuti serangkaian agenda karantina dengan tertib dan semangat. Karantina dilaksanakan di Balai Pusdiklat BKPSDM Kabupaten Jember tersebut diisi dengan kegiatan penggemblengan fisik dan mental atlet sebelum mengikuti PEPARPROV JATIM 2021.
Kegiatan karantina ini diharapkan dapat menjadi fase pemantapan atlet terakhir, sebelum keberangkatan.

Sesuai jadwal, Bupati  dan Wakil Bupati Jember, Plt Kepala Dispora Jember beserta seluruh pejabat yang terkait akan melakukan pelepasan Kontingen Atlet NPCI Jember menuju Pekan Paralimpik Provinsi Jawa Timur Ke-I Tahun 2021 pada Selasa, 18 Mei 2021 pukul 18.30 WIB bertempat di Pendopo Wahyawibawagraha Kabupaten Jember.

Mengharapkan dukungan dan do’a dari segenap Masyarakat Kabupaten Jember untuk Kontingen Atlet NPCI Kabupaten Jember agar dapat meraih hasil terbaik dan prestasi yang maksimal sehingga dapat mengharumkan Kabupaten Jember dalam kancah olahraga disabilitas di tingkat Provinsi Jawa Timur, Nasional hingga Internasional. Ucapan terimakasih kami sampaikan kepada segenap pihak yang telah memberikan dukungan dalam bentuk asupan gizi, finansial dan dukungan spiritual berupa do’a yang tak hentinya mengalir.

Hormat Kami,

Pengurus NPCI Jember