Inilah Keris Sengkelat

Demak-menaramadinah.com-Keris nya Joko Tingkir semula bernama Slamet. Tapi setelah Joko Tingkir (Sultan Hadiwijaya) membubarkan Dewan Wali Songo.

Sunan Kalijaga kecewa berat dan keris nya Joko Tingkir yg semula bernama Kyai Slamet diubah mjd  Sengkelat (sengkeling ati).

Keris Kyai Slamet adalah pemberian Sunan Kalijaga kpd Joko Tingkir. Keris Kyai Sengkelat mjd keris andalan Kesultanan Pajang dan Kesultanan Mataram Islam.
Keris itu dibikin oleh Mpu Supo, murid sekaligus adik ipar Sunan Kalijaga.

Bahan pembuatan keris tsb adalah bijih besi sebesar asam jawa. Semula Mpu Supo ragu utk membuat jd kerid krn bahannya terlalu kecil. Tp setelah diberikan Sunan Kalijaga dan Mpu Supo gak kuat ngangkat barulah Mpu Supo mohon maaf pd kakak ipar nya dan bersedia membuatnya jd sebilah keris.

Beberapa abad kemudian, Mbah lurah Buchari waktu masih hidup, bercerita bahwa dirinya punya 2 keris. Kyai Slamet dan Kyai Singkir Angin.

Waktu mbah galak masih hidup, keris itu diminta mas Hery tp mbah galak gak boleh dan dikasihkan om Sirnoto. Waktu om Sirnoto meninggal, istrinya om Sirnoto kasihkan ke mbah Udet karepetak.

Mbah udet itu familinya mbah nom. Mbah udet gak kuat dan dikembalikan ke istrinya om Sirnoto. Karena gak ada yg rawat keris itu skrg di tangan Saya. Saya dpt info ttg keris ini dari mbah Kyai Mustopa pagi ini.

Husnu Mufid