Roaster Kopi

Nyemil ibu hamil. Mestinya ini bukan pamadangan baru. Juga bukan berita baru. Ibu hamil memang selalu begitu. Nyemil tidak berkesudahan. Malahan bila tidak nyemil dirasa ada yang aneh. Berikut ini laporan Widi Kamidi.

Beberapa ibu hamil mengaku, diam-diam, tanpa bilang dokter hamilnya, nyemilannya adalah biji kopi. Biji roasted robusta yang dipilih. Pahit-pahit coklati katanya. Padahal itu larangan kesehatan. Pantangan malah. Diam-diam, tanpa saksi, “nakalnya” si ibu terbukti. Bayinya tidak apa-apa. Lahirnya juga normal. Tidak hitam kulitnya seperti kopi. Baunya ya bau bayi bukan bau kopi. Si anak besarnya ya jadi manusia bukan jadi kopi. Anehnya dia malah suka kopi susu bukan nyemil kopi.

Jadi, bila dianalisis tukang kopi, (ale jang marah e pa dokter katong mah hanya beranalisis ndek-ndekan), nyemilnya ibu hamil jangan dilarang. Jangan pula ditakut-takuti. Apalagi kalau nyemilnya hanya roasted kopi. Minimal tujuan pemerintah tercapai. Soal ekonomi misalnya. Roaster kopi jadi punya pangsa baru. Ibu-ibu hamil. Jadi tidak melulu hanya nyasar tukang seduh kopi. Toh, si roaster, juga akan lebih hati-hati menerapkan ilmu sangrai kopinya. Bila meroasting kopi – karena pangsa ibu hamil itu – tentu akan menghindari kopi yang terasa smoki apalagi hitam seperti arang.

Lalu… apa hubungannya gambar di bawah dengan nyemilnya ibu hamil? Ya tidak ada dong! Blasss! Tenan. Sungguhan. Tidak ada hubungannya babar blasss.

Lalu… buat apa dipasang trus cerita ibu hamil, roaster, smoki, hitam arang?

Iya ya. Buat apa ya. Tapi ya terserah aku dong. Wong aku yang nulis. Situ yang baca. Mana ada aturan yang melarang bahwa foto harus berhubungan dengan tulisan. Bukankah 5W1H sudah mati?

He udelmu bodong! Masih ada yo. Wartawan masih pake itu. Paten. Tidak terbantahkan. Ada-ada saja!

Iya itu kan wartawan. Lha… katong kan tukang kopi. Se lupa ka apa. Biar tidak 5W1H tak apa-apa. Penting kopi laku. Ada yang minta dibikinkan espresso. Ada yang minta ampasnya untuk maskeran. Dibuat nyemil lho ampas ini juga tak apa-apa. Masih segurih kopi. Asal tidak disimpan sampe besok. Mau coba? Ini cemilan galau PSBB silakan bila mau coba 😄😂