Relasi Guru & Wali Murid di Madrasah RA Darunnajah Sidoarjo

Oleh Yahya Aziz


Jumat, 21-8-2020 seluruh mahasiswi program studi PAUD FTK UINSA yaitu : Ananda Yunita Anggereni, Vivi Andriani, Sonya oppie Andarista, Mira Fata Reginata, Mutiara Ramadhan, Ismawati, Annisa Fitri Anggraini dan Diajeng Ristinia dalam acara PLP 2 di Madrasah RA DARUNNAJAH keloposepuluh Sidoarjo diperkenalkan oleh pihak Madrasah para wali murid dalam rangka mengenal karakter anak anak.
Silaturahmi Wali murid dengan anak anak mahasiswi PLP 2 program studi PAUD ini dibimbing langsung oleh guru guru pamong yaitu Ustadzah Nuril Ashofiyah, Ustadzah Siti Khudzaifah dan Ustadzah Susi Indrawati.
Walaupun kondisi negara dalam pandemi CAVID 19 CORONA mulai Maret 2020 sampai sekarang, R A Darunnajah Sidoarjo tetap konsisten “ISTIQAMAH” dalam hal proses belajar mengajar.
Program pendidikan dan pengajaran selama musim pandemi ini dengan menggunakan tiga metode, yaitu : 1. Pendampingan anak anak, 2. Kunjungan ke rumah, dan 3 Daring.
Kesan Wali murid ketika pembelajaran di musim pandemi ini, selalu tidak lancar dan banyak hambatan hambatan. Khusus nya dalam pembelajaran daring. Seperti kendala sinyal, orang tua sibuk bekerja, dan kurang efektif nya aplikasi untuk virtual dan juga pemahaman anak dalam menerima pembelajaran.
Kesulitan yang lain yang dirasakan oleh setiap wali murid adalah anak sulit untuk diajak belajar, karena inginnya belajar jika dengan guru kelas nya. Kebanyakan rewel jika belajar dengan orang tua nya sendiri, disamping itu anak anak sudah rindu untuk bertemu, bermain, berceria bersama guru dan teman teman nya di sekolah.
Agar Pembelajaran tetap berjalan, maka kegiatan kemarin disamping silaturahim, perkenalan dengan wali murid dan anak anak adalah pengembalian tugas anak-anak selama 1 pekan dan juga pembagian hadiah lomba kepada anak yang telah dilakukan melalui kirim video via WhatsApp.
Yang dilombakan adalah gerekan senam dan Tahfiz menghafal surat surat pendek Alquran dan doa Doa khusus. Hadiahnya 🏆 piala untuk pemenang 1,2,3, kotak isi susu dan makanan untuk semua murid sebagai apresiasi telah mengikuti lomba.
Di musim pandemi CAVID 19 CORONA ini para wali murid, guru diuji kesabaran nya dalam mendidik anak anak.
Bagi para mahasiswi PLP 2 program studi PAUD ini adalah sebuah tantangan bagaimana menciptakan sebuah methode Pembelajaran daring yang menyenangkan bagi peserta didik.
Selamat berjuang belajar mengajar program PLP 2 di Madrasah RA Darunnajah keloposepuluh Sidoarjo, semoga sukses selalu. Dari lembaga pendidikan inilah akan lahir generasi muda tangguh solih solihah Penyejuk Hati orang tua nya berguna bagi masyarakat.
Dari Madrasah RA Darunnajah keloposepuluh Sidoarjo untuk bangsa….
Y A, Penulis Menara Madina com