Dari R A Darunnajah Sidoarjo Untuk Bangsa

Oleh : Yahya Aziz


Hari ini rabu 19/08/2020 hari yang bersejarah bagi kami, karena mengantar 8 mahasiswi program studi PAUD FTK UINSA ke sekolah R A Darunnajah keloposepuluh Sidoarjo, dalam rangka pendampingan bimbingan pelaksanaan PLP 2 ( Pengenalan Lapangan Persekolahan ).
Mereka para mahasiswi sudah mendapatkan materi mengajar secara teoritis di kampus pada PLP 1, dan pada PLP 2 ini praktek langsung ke sekolah.
Setelah mengikuti upacara secara daring, kami beserta para mahasiswi menuju lokasi dan diterima dengan senang hati. Mereka yang menyambut kami adalah Ustadzah Dra,. Hj. Mutmainnah ( penasehat ), Ustadzah Dra. Amrini Rosyidah ( Kepala Sekolah ), Ustadzah Siti Khudzaifah, Ustadzah Nuril Ashofiyah, , Ustadzah Sri Muhandayani, Ustadzah Susi Indrawati, Ustadzah Ayu Setyowati, Ustadzah Hikma Mulyo Untari, Ustadzah Nuril Laili Rochmayanti, dan ustadzah Nur Fiatin.
Dalam acara penyerahan mahasiswi ini kami ajak dzikir bersama sama, berdoa bersama sama agar pandemi CAVID 19 CORONA segera berakhir, dan mendoakan agar para pendiri RA Darunnajah keloposepuluh beserta guru guru nya diberi sehat panjang umur dan para mahasiswi kami yang sedang praktek mengajar selalu mendapat ilmu yang barokah dan bermanfaat.
R A Darunnajah keloposepuluh Sidoarjo berdiri pada tahun 1980 tiap tahun mengalami peningkatan. Kurikulum nya mengikuti kurikulum 13 di tambah dengan kurikulum ke Aswajaan. Disamping belajar membaca, menulis, berhitung, menyanyi, menari ada pelajaran pelajaran agama yang mendukung yaitu membaca Alqur’an, menghafal surat surat pendek Alquran, menghafal dzikir Asmaul Husna dan bersholawat.
Jumlah siswa nya ada 120 siswa, ada beberapa kelas dan setiap kelas ada 18 orang. Di musim pandemi CAVID 19 CORONA ini, lembaga RA Darunnajah ini masih tetap istiqamah dalam proses belajar mengajar yaitu dengan methode pendampingan, home visit ( kunjungan ke rumah ), daring dan ruring.
Tetapi yang sering digunakan dalam methode pembelajaran nya yaitu dengan pendampingan siswa dengan kunjungan ke rumah.
Banyak para wali murid yang anak nya mengenyam pendidikan di lembaga ini.
Bagi para mahasiswi ku, Anda ini sebagai tamu gunakan lah kesempatan emas ini, yaitu bagaimana cara nya praktek langsung menghadapi siswa apalagi memakai sistem daring. Konsultasi kan ke guru guru pamong, kepala sekolah dan teman teman mu satu periode agar sukses selalu dalam pembelajaran praktek mengajar.
Selamat berjuang menjalankan tugas praktek langsung mengajar, semoga sukses selalu…. alfaatihah
Y A : penulis menara Madinah com