Perjalanan Jurnalistik Spiritual Patriotik : Menyambut HUT KEMERDEKAAN RI 75 & HUT LSM GMBI 18 GUNUNG PARANG PURWAKARTA

Makassar, MenaraMadinah.Com-Menyambut Hari Ulang Tahun Proklamasi Kemerdekaan RI ke 75 dan HUT LSM GMBI 18, Samsu Sambang Jagad ( Samsul Hadi,SH) selaku Jurnalis MenaraMadinah.Com Biro Sulawesi akan melakukan Perjalanan Jurnalistik Spiritual Patriotik. Dimulai dari Kota Makassar – Jakarta- Banten-Purwakarta-Yogjakarta-Solo-Surabaya dan berakhir kembali ke Makassar.

Perjalanan kali ini terasa istimewa dan heroik, sebab bertepafan dengan beberapa momen religiys magis nasional. Antara lain Malam Renungan Pendadaran ( Acara Sakral) olah Ketua Umum LSM GMBI -lembaga Swadaya Masyarakat Gerakan Masyarakat Bawah Indonesia yang akan dipusatkan di kawasan Gunung Parang Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat, pada tgl 16/08/2020 malam hari hingga subuh.

Pagi tanggal 17/08/2020 dilanjutkan Pengibaran Bendera Merah Putih dalam Acara Resmi Peringatan Detik Detik Proklamasi Kemerdekaan RI

Dalam momentum sakral tahunan tersebut Ketua Umum LSM GMBI Bpk Drs H Muh Fauzan akan memberikan wejangan dan advice spiritual journey terkait patriotisme, heroisme dan keihlasan berbhakti untuk mengabdi bagi negeri ini melalui lembaga LSM GMBI.

Sebagaimana edaran elektronik di internal lembaga, Jajaran Petinggi LSM GMBI akan memaparkan sebuah renungan hasil penelusuran spiritual ke kawasan Pemukiman Suku Badui Dalam. Ada hikmah mendalam hasil perjalanan muhibbah etnika itu yang bisa dipetik bersama, dan nanti kami paparkan di kesempatan renungan malam di Gunung Parang Purwakarta”, unggahnya di WAG.

Acara sakral tahunan LSM GMBI tahun ini tetap mengindahkan protokol kesehatan masa pandemi covid19, ketat bermasker, jaga jarak dan jaga kebersihan lingkungan. Peserta dibatasi tiap pengurus baik di tingkat Wilter/ Propinsi dan tingkat Distrik/ Kabupaten hanya mengirimkan 4 aktifisnya.
Peserta dari luar daerah dan luar jawa otomatis dilengkapi Surat Keterangan Sehat/ Rapid Test bertanda Non Reaktif.

Seusai Acara di Gunung Parang Kab Purwakarta nanti, Jurnalis MenaraMadinah.Com akan melanjutkan perjalanan spiritual, dari Purwakarta ke Bekasi bergerak menuju kota Yogjakarta dan Solo.
Menjelang malam tahun baru Hijriyah, 1 Muharram atau 1 Suro.

Apakah masih ada perayaan ritual malem tahun baru 1 Suro di tanah jawa dimusim pandemi ini? Itu yang akan ditelusuri.

Selamat menyambut HUT kemerdekaan RI 75.
Selamat menyambut Tahun Baru Hijriyah , 1 Muharam 1442 H Atau 1 Suro.

Semoga Bangsa Indonesia kembali bangkit, sehat membangun jiwa raganya.
Merdeka!!!
(SamsulHadi/MenaraMadinah.Com)