Refleksi Hari Pramuka ke 59 Dari Kepramukaan Madrasah Untuk Bangsa

Oleh : Yahya Aziz


Hari ini 14 Agustus 2020 adalah hari Pramuka yang ke 59. Ada nilai nilai pendidikan yang langsung dalam tindakan tanpa harus diceramahkan. Dalam pelajaran panduan kepramukaan ada nilai ketrampilan individu, kebersamaan, toleransi, tanggung jawab, kepedulian terhadap sesama, kegigihan dan bela negara “NKRI”.
Nilai nilai itu akan mengkristal pada kurikulum extrakuliker di lembaga pendidikan madrasah. Karena ajaran dalam pramuka menjadikan prilaku yang kuat untuk dirinya, orang lain dan lingkungan nya.
Hampir semua negara di dunia sekitar 180 negara ada pelajaran kepramukaan. Begitu juga tidak ketinggalan ada pelajaran kepramukaan di lingkungan pendidikan madrasah.
Salah satu madrasah di Jawa timur yaitu MIN 12 Sumberejo Sanankulon Blitar, sangat intensif sekali mengajarkan pelajaran extrakurikuler yaitu kegiatan kepramukaan.
Diantara pembinanya adalah : Dra. Wanti, Ana Azawati, S.Ag, Khotimatul Musaadah, S.Pd.I, Rita Susanti, MA, Tri Rahmawati, S.Pd.I, Binti Fadlillah, S.Ag, Ati Muflihah, S.Ag, Mufidah Husna, S.Ag, Siti Khalimah, S.Ag, Dra. Maria Suswati, Erna Badriatin S.Ag, Syamsul Rahman, S.Pd, Hadi Sasmito, S.Pd, Nur Hasyim, S. PD.I, Mantik Suhelmi, Asofah, S.Pd.I, Himmatun Mahmudah, S.Ag, Dwi Nurul septiani, S.Pd dan Anita Widyawati, SPD I.
Mereka para pembina ini mendidik siswa siswi madrasah dan selalu mencapai kemenangan setiap lomba kepramukaan Se-kabupaten Blitar.
Diantara prestasi lomba yang dicapai oleh siswa siswi nya adalah lomba terbaik 1 remaja sehat peduli sesama oleh siswi Kania Arsellita Dyah Astuti, lomba terbaik 2 gerakan kepalangmerahan oleh ananda Zakky Althaf Medjai, lomba terbaik 2 pertolongan pertama oleh ananda Faza Kiindi Aljabari dll.
Panduan kepramukaan adalah pelajaran kehidupan sehari-hari bagi generasi muda bangsa agar menjadi generasi tangguh dan mandiri serta kuat mental.
Di antara pelajaran pramuka yang selalu diberikan kepada siswa siswi madrasah adalah :
1. Upacara apel pagi dan sore
2. Penjelajahan daerah
3. Bermain gembira, bernyanyi dan berolahraga
4. Mendaki gunung
5. Berenang dan menyusuri sungai
6. Berkemah di daerah pegunungan.
Pelajaran itulah yang diajarkan dalam kepanduan pramuka baik di madrasah maupun lembaga pendidikan pesantren.
Maka dari itu, jangan kecil hati jika putra putri anda belajar pramuka di Madrasah dan pesantren.
Selamat hari Pramuka ke 59, terutama kepramukaan di Madrasah ibtidaiyah negeri 12 Blitar, semoga lulusan madrasah ini akan menjadi generasi tangguh berguna untuk bangsa dan negara…. aamiin…
Barakallah…..
Kediri, 14/8/2020
Y A Penulis menara Madinah com.