Balitbang Kementrian Pertanian Produksi Herbal Anti Virus Corona dari Pohon Kayu Putih

Jakarta-menaramadinah.com-Para penderita positif virus corona dan nasyarakat yang lagi ketakutan dengan wabah virus corona  patut berbahagia. Karena Balitbang Kementrian Pertanian telah menemukan obat herval anti virus cirona. Bahkan mengembangkan untuk diproduksi secara masal mulai Agustus 2020.

Menurut Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo mengatakan,  bahwa Badan Penelitian dan Pengembangan Kementerian Pertanian (Balitbangtan) tengah mengembangkan antivirus Corona. Antivirus tersebut berasal dari Pohon Kayu Putih.

“Dari 700 jenis (tanaman), 1 yang bisa mematikan Corona dari hasil lab kita. Dan hasil lab ini untuk antivirus. Dan kita yakin. Bulan depan (Agustus) ini sudah dicetak, diperbanyak,” ujarnya dikutip dari akun Youtube Kementerian Pertanian RI, Minggu (5/7).

Dalam video tersebut, antivirus Corona tersebut berbentuk kalung. Selain itu juga ada yang berbentuk inhaler, roll on, salep, balsem, dan diffuser.

“Jadi ini bisa membunuh, kalau kontak 15 menit dia bisa membunuh 42 persen dari Corona. Kalau dia 30 menit maka dia bisa 80 persen,” jelas dia.

Badan Litbang Pertanian akan menggandeng perusahaan swasta yakni PT Eagle Indo Pharma untuk pengembangan inovasi dan hilirisasi terhadap produk ini.

Produk antivirus Corona berbasis tanaman atsiri (eucalyptus) akan diproduksi massal melalui pihak swasta. Kementan hanya melakukan penelitian serta uji laboratorium saja.

Tak hanya dalam negeri saja, Balitbangtan tengah melakukan pendekatan kerja sama dengan mitra asing seperti perusahaan pharmaceuticals dari Jepang, Kobayashi dan Aptar Pharma dari Rusia.

Edi Ristiono

Jurnalis Citizen