IKA PMII sesalkan peristiwa walikota Surabaya sujud kepada sesama manusia

Surabaya- Bendahara Umum IKA PMII Jawa Timur Firman Syah Ali menyesalkan peristiwa Walikota Surabaya Tri Rismaharini bersujud di kaki Ketua Tim PINERE RSUD dr Soetomo, dr Sudarsono, yang saat ini sedang viral. Bahkan anak-anak remaja yang belum seberapa paham tentang agama ikut menonton adegan berbahaya tersebut.

Firman Syah Ali menyebut bahwa peristiwa makhluk bersujud kepada sesama makhluk hanya terjadi pada era Nabi dan Rasul sebelum Muhammad SAW, sebab Nabi Muhammad SAW resmi melarangnya dalam beberapa hadits.

“Sebelum Nabi Muhammad SAW memang ada kisah para Malaikat bersujud kepada Adam as, saudara-saudara Nabi Yusuf as bersujud kepada Nabi Yusuf as, para penyihir loyalis Fir’aun bersujud kepada Nabi Musa as. Tapi sejak kenabian Muhammad SAW tidak terjadi lagi peristiwa makhluk bersujud kepada sesama makhluk karena Nabi Muhammad SAW tegas menyatakan tidak ada yang berhak mendapat penghormatan sujud selain Allah, Hadits ini diriwayatkan oleh Imam Hasan Al-Bashri” ujar Keponakan Menko Polhukam RI Mahfud MD ini.

Selain itu ada hadits riwayat Imam Tirmidzi sebagai berikut :

لَوْ كُنْتُ آمِرًا أَحَدًا أَنْ يَسْجُدَ لِأَحَدٍ، لَأَمَرْتُ الْمَرْأَةَ أَنْ تَسْجُدَ لِزَوْجِهَا

“Seandainya aku boleh menyuruh seorang manusia untuk bersujud kepada manusia lainnya, niscaya akan aku suruh seorang wanita untuk bersujud kepada suaminya”, lanjut Pengurus Harian PW LP Ma’arif NU Jawa Timur ini.

“Sangat tegas, jelas dan gamblang sujud kepada sesama Makhluk dilarang oleh penutup para Nabi dan Rasul, junjungan kita Baginda Nabi Besar Muhammad SAW. Kita menyesal
jika ada pejabat publik mencontohkan sujud kepada sesama makhluk. Semoga tidak diulangi lagi karena sangat tidak mendidik, mengingat yang bersangkutan beragama islam” pungkas arek Wonocolo Surabaya ini.