LP-KPK Tantang Pemerintah Blitar Untuk Membuka RAB Didepan Warga

Blitar,menaramadinah.com
KOMNAS LP-KPK (komisi nasional lembaga pengawasan kebijakan publik dan keadilan) cabang Blitar jawa timur dalam pengawasanya dilapangan terbentur dengan RAB(rencana anggaran belanja) tiap tiap titik proyek baik proyek yang bersumber dari pusat, provinsi,kabupaten/kota, dana desa(DD) dan anggaran dana desa(ADD) yang dilaksanakan diseluruh wilayah kabupaten dan kota blitar

Seperti yang diungkapkan Eko yuliastuti, sh.mh selaku kepala divisi tipikor LP-KPK Blitar ini.Dia mengatakan, “sebenarnya pemerintah tidak boleh menyembunyikan RAB semua proyek baik fisik dan non fisik.Ini kan uang rakyat, karena itu publik berhak tau, apalagi kami lembaga resmi. Saya heran ada apa kok RAB ini disembunyikan” ?
Eko yuliastuti yang juga sebagai lawyer ini menambahkan, “saya harap, pemerintah tidak mengingkari undang undang nomor 14 tahun 2014 tentang keterbukaan informasi publik”. Tegasnya.

Saat dihubungi tim media lewat telpon seluler, ketua KOMNAS LP-KPK cabang Blitar Haryono, sh.mh yang juga ketua ORMAS PROJO Blitar ini mengatakan, “saya mendapat banyak laporan dari anggota LP-KPK dari seluruh kecamatan seblitar, bahwa memang benar, kami kesulitan memperoleh RAB pelaksanaan atas semua pelaksanaan proyek diblitar. Oleh sebab itu kami atas nama lembaga dan seluruh rakyat blitar menantang seluruh dinas dan instansi dipemerintahan blitar raya,untuk membuka RAB secara terbuka untuk warga.jangan hanya berani membuka anggaran glondongan, tapi rincian setiap proyek.Agar seluruh warga bisa ikut mengawasi jalanya pembangunan.Tidak ada alasan untuk ditutupi karena ini hak publik”.

Haryono menambahkan, “kami meminta kepada seluruh rakyat, agar jangan takut untuk menyampaikan kebenaran. Jika mendapati bukti adanya penyimpangan, segera melapor kepada pihak terkait atau bisa mengadu kepada LP-KPK.Pasti akan kami tindaklanjuti selama ada bukti yang akurat.Kalau bukan kita yang peduli,lalu siapa lagi”? Tandasnya.
Sementara itu di tempat terpisah moch agus slamet SE,MM pembina LP KPK Blitar yang juga pendiri konsultan bangunan tertua ke dua di blitar yang tugasnya membuat RAB dan yang kemungkinan besar semua konsultan yang ada di blitar ini pernah sebagian besar alumni pernah ikut dengannya mengacungi jempol terhadap pendapat dari pengacara LP KPK Eko yuli SH,MH dan sekaligus mengamini komentar ketua LP KPK Blitar Hariyono SH,MM ketika di mintai tanggapan oleh awak media yang mengikutinya.
Agus s jurnalis citizen MM. Com